BERNALAR DAN ARGUMENTASI MELALUI PROBlEM BASED LEARNING

Giena Sri Restu Kumala, Ilah Nurlaelah, Ina Setiawati

Abstract


Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimental Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Uji hipotesis dengan menggunakan uji Manova. Hasil penelitian ini menjelaskan terdapat korelasi antara bernalar dan argumentasi siswa  yang terjadi karena faktor internal dan faktor eksternal, selain itu  itu, strategi pembelajaran dan tingkat kognitif siswa dalam memandang sebuah permasalahan dapat mempengaruhi pola penalaran siswa tersebut. Strategi pembelajaran  problem based learning  memfasilitasi siswa untuk dikenalkan dengan masalah yang bersifat ill-structured yang dapat melatih  siswa dalam membuat  solusi untuk memecahkan permasalahan.


Full Text:

PDF

References


Astuti, Tiwi Puji. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Kerangka Instruksional Marzano terhadap Kualitas Argumentasi Siswa Pada Konsep Animalia di Kelas X SMA Negeri2 Kuningan. Skripsi FKIP UNIKU : Tidak diterbitkan

Azmi, Ulul. 2013. Profil Kemampuan Penalaran Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP YPM 4 Bohar Sidoarjo. [Online]. Undergraduate Thesis. Tersedia : digilib.uinsby.azc.id. Diakses pada tanggal 24 April 2016

Bilgin Ibrahim, Erdal Senocak dan Mustafa Sozbilir. 2009. The Effects of Problem-Based Learning Instruction on University Students; Performance of Conceptual an Quantitive Problems in Gas Concepts. [Online]. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. Tersedia : http://ejmste.com.Eurasia_v5n2_ Bilgin_etal. Diakses 28 Februari 2016

Chin, Christine dan Li-Gek Chia. 2005. Problem Based Learning: Using ill-Structured Problems in Biology Project. [Online]. Wiley Periodicals. Tersedia : www.interscience.wiley.com. Diakses pada tanggal 10 Mei 2016

Dawud. 2008. Penalaran dalam Karya Tulis Populer Argumentatif. [Online]. Jurnal Bahasa dan Seni. Tersedia : http://sastra.um.ac.id/wp-content/ uploads/09/10/Penalaran-dalam-Karya-Tulis-PopulerArgumen-Dawud.pdf. Diakses pada tanggal 17 Januari 2016

Fischer, Frank, et al. 2014. Science Reasoning and Argumentation: Advancing an Interdisciplinary Research Agenda in Education. [Online]. Education Research Review. Tersedia : http://journals.sfu.ca/flr/index.php/journal/ article/ view/96. Diakses pada tanggal 21 Mei 2016

Herman, Tatang. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. [Online]. Jurnal Cakrawala Pendidikan: Februari 2007, Th. XXXVI. No. 1. Tersedia : http://eprints.uny.ac.id/398/1/pembelajaran_berbasis_masalah.pdf. Diakses tanggal 23 Mei 2015.

Setiawati, Ina dan Nurlaelah, Ilah. 2017. Analisis Profil Kemampuan Berargumentasi Guru Dan Mahasiswa Calon Guru Dalam Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Toulmin Argumen Pattern (TAP) Dan Upaya Perbaikannya. [Online]. Jurnal Quagga vol 9 No.1 Januari 2017, Tersedia : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/article/view/512

Hutama, Fajar Surya. 2014. Pengaruh Model PBL melalui Pendekatan CTL terhadap Hasil Belajar IPS. [Online]. Jurnal Pendidikan Humaniora. Tersedia : http://journal.um.ac.id/index. Diakses pada tanggal 8 Mei 2016

Keraf, Gorys. 2010. Argumentasi dan Narasi. Jakarta : Nusa Indah.

Koray, Ozlem dan Abdullah Koray. 2013. The Effectiveness of Problem-Based Learning Supported with computer simulations on reasoning Ability. [Online]. Procedia-Social and Behavioral Sciences, Volume 106 (2013). Tersedia : http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S187704281304. Diakses pada tanggal 21 Mei 2016

Magsino, M. Richard. 2014. Enhancing Higher Order Thinking Skills in a Marine Biology Class through Problem-Based Learning. [Online]. Asia Pasific Journal of Multidisciplinary Reasearch. P-ISSN 2350-7756, Volume 2 No.5 E-ISSN 2350-8442. Tersedia : www.apjmr.com. Diakses pada tanggal 22 Mei 2016

Martyanti, Adhetia. 2013. Membangung Self-Confidence dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Solving. [Online]. Prosiding : Seminar Nasional Pendidikan Matematika dan Pendidikan Matematika. Tersedia : https://core.ac.uk/download/pdf/18454263.pdf. Diakses pada tanggal 18 Mei 2016

Okumus, Seda & Suat Unal. 2012. The Effect Model on Students’ Achievement and Argumentation Skills in Science. [Online]. Procedia: Social and Behavior Science. Tersedia : www.sciencedirect.com. Diakses pada tanggal 20 Mei 2016

Putri, Ayu Eka. 2014. Kemampuan Penalaran Siswa Kelas X IPA SMA Terkait Dengan Konsep Biologi. [Online]. Prosiding Mathematics and Sciences Forum 2014 ISBN 978-602-0960-00-5. Tersedia : http://prosiding. upgrismg.ac.id. Diakses 10 Januari 2016.

Remigio, Krisette, Rosanelia T. Yangco & Allen A. Espinosa. 2014. Analogy-Enhanced Instruction: Effects on Reasoning Skills in Science. [Online]. The Malaysian Journal of Educational Science, Volume 2, Issue 2. Tersedia : http://eric.ed.gov/?id=EJ1086234. Diakses pada tanggal 21 Mei 2016

Santoso, Tri dan Supriadi. 2014. Pembelajaran Penalaran Argumen Berbasis Peta Konsep Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia. [Online]. Prosiding Seminar Nasional Kimia Universitas Negeri Surabaya. Tersedia: http://ccs.infospace.com/ClickHandler.ashx?ld=20160218.pdf. Diakses pada tanggal 23 Januari 2016

Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung : Pustaka Setia

Sudrajat, Akhmad. 2011. Pembelajaran Berdasarkan Masalah-Problem Based Learning. [Online]. Tersedia : http://Akhmadsudrajat.wordpress.com/ 2011/09/28/pembelajaran-berdasarkan-masalah/. Diakses pada tanggal 20 Februari 2016

Susanti, Rahmi. 2013. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Praktikum Fotosintesis dan Respirasi untuk Meningkatkan Kemampuan Generik Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Unsri. [Online]. Seminar Kenaikan Jabatan Lektor Pada Fakultas-FKIP Unsri 08 Mei 2013. Tersedia : http://eprints.unsri.ac.id/3247/1/Makalah_Seminar_ Kenaikan_Jabatan.pdf. Diakses pada tanggal 25 Mei 2016

Undang-Undang SISDIKNAS. 2003. Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003, No. 60. Sekretariat Negara. Jakarta.

Wade, Carole dan Carole Tavris. 2008. Psikologi. Edisi ke 9. Diterjemahkan oleh: Benedict Widyasinta & Darma Juwono. Jakarta : Gelora Aksara Pratama

Widanti Fitri N, Budi Murtiyasa dan Ariyanto. 2012. Upaya Meningkakan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending). [Online]. Jurnal Matematika. Tersedia: eprints.ums.ac.id/19613/9/2_Naskah_Publikasi_ CORE.pdf. Diakses pada tanggal 19 Mei 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.