BERNALAR DAN ARGUMENTASI MELALUI PROBlEM BASED LEARNING
Abstract
Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimental Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Uji hipotesis dengan menggunakan uji Manova. Hasil penelitian ini menjelaskan terdapat korelasi antara bernalar dan argumentasi siswa yang terjadi karena faktor internal dan faktor eksternal, selain itu itu, strategi pembelajaran dan tingkat kognitif siswa dalam memandang sebuah permasalahan dapat mempengaruhi pola penalaran siswa tersebut. Strategi pembelajaran problem based learning memfasilitasi siswa untuk dikenalkan dengan masalah yang bersifat ill-structured yang dapat melatih siswa dalam membuat solusi untuk memecahkan permasalahan.
References
Astuti, Tiwi Puji. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Kerangka Instruksional Marzano terhadap Kualitas Argumentasi Siswa Pada Konsep Animalia di Kelas X SMA Negeri2 Kuningan. Skripsi FKIP UNIKU : Tidak diterbitkan
Azmi, Ulul. 2013. Profil Kemampuan Penalaran Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP YPM 4 Bohar Sidoarjo. [Online]. Undergraduate Thesis. Tersedia : digilib.uinsby.azc.id. Diakses pada tanggal 24 April 2016
Bilgin Ibrahim, Erdal Senocak dan Mustafa Sozbilir. 2009. The Effects of Problem-Based Learning Instruction on University Students; Performance of Conceptual an Quantitive Problems in Gas Concepts. [Online]. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. Tersedia : http://ejmste.com.Eurasia_v5n2_ Bilgin_etal. Diakses 28 Februari 2016
Chin, Christine dan Li-Gek Chia. 2005. Problem Based Learning: Using ill-Structured Problems in Biology Project. [Online]. Wiley Periodicals. Tersedia : www.interscience.wiley.com. Diakses pada tanggal 10 Mei 2016
Dawud. 2008. Penalaran dalam Karya Tulis Populer Argumentatif. [Online]. Jurnal Bahasa dan Seni. Tersedia : http://sastra.um.ac.id/wp-content/ uploads/09/10/Penalaran-dalam-Karya-Tulis-PopulerArgumen-Dawud.pdf. Diakses pada tanggal 17 Januari 2016
Fischer, Frank, et al. 2014. Science Reasoning and Argumentation: Advancing an Interdisciplinary Research Agenda in Education. [Online]. Education Research Review. Tersedia : http://journals.sfu.ca/flr/index.php/journal/ article/ view/96. Diakses pada tanggal 21 Mei 2016
Herman, Tatang. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. [Online]. Jurnal Cakrawala Pendidikan: Februari 2007, Th. XXXVI. No. 1. Tersedia : http://eprints.uny.ac.id/398/1/pembelajaran_berbasis_masalah.pdf. Diakses tanggal 23 Mei 2015.
Setiawati, Ina dan Nurlaelah, Ilah. 2017. Analisis Profil Kemampuan Berargumentasi Guru Dan Mahasiswa Calon Guru Dalam Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Toulmin Argumen Pattern (TAP) Dan Upaya Perbaikannya. [Online]. Jurnal Quagga vol 9 No.1 Januari 2017, Tersedia : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/article/view/512
Hutama, Fajar Surya. 2014. Pengaruh Model PBL melalui Pendekatan CTL terhadap Hasil Belajar IPS. [Online]. Jurnal Pendidikan Humaniora. Tersedia : http://journal.um.ac.id/index. Diakses pada tanggal 8 Mei 2016
Keraf, Gorys. 2010. Argumentasi dan Narasi. Jakarta : Nusa Indah.
Koray, Ozlem dan Abdullah Koray. 2013. The Effectiveness of Problem-Based Learning Supported with computer simulations on reasoning Ability. [Online]. Procedia-Social and Behavioral Sciences, Volume 106 (2013). Tersedia : http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S187704281304. Diakses pada tanggal 21 Mei 2016
Magsino, M. Richard. 2014. Enhancing Higher Order Thinking Skills in a Marine Biology Class through Problem-Based Learning. [Online]. Asia Pasific Journal of Multidisciplinary Reasearch. P-ISSN 2350-7756, Volume 2 No.5 E-ISSN 2350-8442. Tersedia : www.apjmr.com. Diakses pada tanggal 22 Mei 2016
Martyanti, Adhetia. 2013. Membangung Self-Confidence dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Solving. [Online]. Prosiding : Seminar Nasional Pendidikan Matematika dan Pendidikan Matematika. Tersedia : https://core.ac.uk/download/pdf/18454263.pdf. Diakses pada tanggal 18 Mei 2016
Okumus, Seda & Suat Unal. 2012. The Effect Model on Students’ Achievement and Argumentation Skills in Science. [Online]. Procedia: Social and Behavior Science. Tersedia : www.sciencedirect.com. Diakses pada tanggal 20 Mei 2016
Putri, Ayu Eka. 2014. Kemampuan Penalaran Siswa Kelas X IPA SMA Terkait Dengan Konsep Biologi. [Online]. Prosiding Mathematics and Sciences Forum 2014 ISBN 978-602-0960-00-5. Tersedia : http://prosiding. upgrismg.ac.id. Diakses 10 Januari 2016.
Remigio, Krisette, Rosanelia T. Yangco & Allen A. Espinosa. 2014. Analogy-Enhanced Instruction: Effects on Reasoning Skills in Science. [Online]. The Malaysian Journal of Educational Science, Volume 2, Issue 2. Tersedia : http://eric.ed.gov/?id=EJ1086234. Diakses pada tanggal 21 Mei 2016
Santoso, Tri dan Supriadi. 2014. Pembelajaran Penalaran Argumen Berbasis Peta Konsep Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia. [Online]. Prosiding Seminar Nasional Kimia Universitas Negeri Surabaya. Tersedia: http://ccs.infospace.com/ClickHandler.ashx?ld=20160218.pdf. Diakses pada tanggal 23 Januari 2016
Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung : Pustaka Setia
Sudrajat, Akhmad. 2011. Pembelajaran Berdasarkan Masalah-Problem Based Learning. [Online]. Tersedia : http://Akhmadsudrajat.wordpress.com/ 2011/09/28/pembelajaran-berdasarkan-masalah/. Diakses pada tanggal 20 Februari 2016
Susanti, Rahmi. 2013. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Praktikum Fotosintesis dan Respirasi untuk Meningkatkan Kemampuan Generik Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Unsri. [Online]. Seminar Kenaikan Jabatan Lektor Pada Fakultas-FKIP Unsri 08 Mei 2013. Tersedia : http://eprints.unsri.ac.id/3247/1/Makalah_Seminar_ Kenaikan_Jabatan.pdf. Diakses pada tanggal 25 Mei 2016
Undang-Undang SISDIKNAS. 2003. Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003, No. 60. Sekretariat Negara. Jakarta.
Wade, Carole dan Carole Tavris. 2008. Psikologi. Edisi ke 9. Diterjemahkan oleh: Benedict Widyasinta & Darma Juwono. Jakarta : Gelora Aksara Pratama
Widanti Fitri N, Budi Murtiyasa dan Ariyanto. 2012. Upaya Meningkakan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending). [Online]. Jurnal Matematika. Tersedia: eprints.ums.ac.id/19613/9/2_Naskah_Publikasi_ CORE.pdf. Diakses pada tanggal 19 Mei 2016
Copyright (c) 2017 Quagga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.