PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DITINJAU DARI PENALARAN SISWA

Ilah Solehati Faudiah, Ilah Nurlaelah, Ina Setiawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah ditinjau dari penalaran siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah test penalaran siswa, test uraian, assesment kinerja, self assesment, lembar observasi dan angket siswa. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t, korelasi dan analisis regresi sederhana untuk menelaah pengaruh model PBL terhadap kemampuan memecahkan masalah ditinjau dari penalaran siswa, didapatkan Thitung 1150 lebih besar dari Ttabel 2,655 yang artinya ada pengaruh kemampuan memecahkan masalah siswa yang menerapkan model PBL dengan yang tidak menerapkan model PBL, serta 0,93 nilai korelasi dan regresi 0,92. Sehingga kemampuan penalaran siswa berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa

Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Memecahkan Masalah, Kemampuan Penalaran



Full Text:

PDF

References


Agraw, Awake Shishigu. et al. 2017. The Effect of Problem Based Learning (PBL) Instruction on Students’ Motivation band Problem Solving Skills of Physics. [Online]. EURASIA Journal of Matematics Science and Technology Education. ISSN: 1305-8223. P-1305-8215 Volume13 No 3. Tersedia: www.iorsjournals.org. Diakses pada Tanggal 30 juni 2017

Arends, I Richard.2008. Learning to Teach. (diterjemahkan oleh: Helly dan Sri). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chin, Cristine and Li-Gek Chia.2005. Problem Based Learning: Using ill-Sctructured Problems in Biology Project. [Online]. Wiley Periodicals. Tersedia : www.interscience.wiley.com. Diakses pada Tanggal 3 juni 2017

Feriesha, Lathu Anjani. 2014. Implementasi Model Pembelajaran Heuristik Vee Berbasis Kerangka Intruksional Marzano Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Skripsi FKIP UNIKU. Tidak diterbitkan

Hamruni. 2009. Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Jakarta: Bumi Aksara

Herman, Tatang. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP (Online), Jurnal Cakrawala Pendidikan. ISSN: 190-8838, Volume 1, Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/398/1/pembel ajaran_berbasis_masalah.pdf. Diakses pada Tanggal 12 Februari 2017

Komala Tita Riani, Nurlaelah Ilah dan Setiawati Ina. 2017. Peningkatan Kemampuan Penalaran Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) ditinjau Dari Kemampuan Akademik di SMA. [Online]. Jurnal Quagga vol 9 No.1 Januari 2017, Tersedia : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/article/view/516

Mann, Anne Elcan. 1982. The Effects of a Problem-Solving Strategy on the Long-Term Memory of Algorithms. UNF Theses and Dissertations. Paper 16. Tersedia: http://digitalcommons.unf.edu/etd/16

Marzano,Robert J. dan Jonh S. Kendall. 2008. Designing And Assesing Education Objectives, Applying The New Taxonomy. : Library of Congress Cataloging-in-Publication.

Nathalia, Inten. et al. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Operasional Konkret (Online), e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Volume: 3 No: 1 (Diakses pada tanggal 29 Januari 2017)

Rini, Juwita. Budiyono. Imam, Sujadi. 2014. Eksperimentasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Problem Posing pada Materi Bangun Ruang Datar Ditinjau dari Kemampuan Penalaran siswa kelas VIII SMP Negeri di kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014.[Online]. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol.2 no.8. ISSN: 2339-1685. Tersedia: http://jurnal.fkip.uns.ac.id. Diakses pada Tanggal 16 mei 2017

Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D . Bandung:Alfabeta

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Wasiso, & Hartono. 2013. Implementasi Model Problem Based Learning Bervisi sets untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahkan Masalah dan kebencanaan oleh siswa. Journal of Innovative Science Education.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.