STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA ALAM BUMI PERKEMAHAN LELES TAMAN NASIONAL GUNUNG CIREMAI

Amellya Clanandika, Yayan Hendrayana, Nurdin Nurdin

Abstract


Wisata Alam Bumi Perkemahan Leles TNGC dikelola secara swadaya dalam kelompok Mitra Pariwisata Gunung Ciremai (MPGC). Pada tahun 2017 mengalami penurunan jumlah pengunjung sehingga perlu mengetahui potensi yang dimiliki dan menyusun strategi pengembangan untuk meningkatkan minat pengunjung. Peneilitian dilaksanakan di kawasan Obyek Wisata Alam Bumi Perkemahan Leles Taman Nasional Gunung Ciremai. Metode yang digunakan untuk mengetahui potensi adalah metode eksploratif sedangkan untuk menyusun strategi pengembangan menggunakan analisis SWOT, dimana analisis SWOT mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, memetakan posisi pengembangan dan membuat strategi pengembangan dengan matriks SWOT. Potensi yang dimiliki Bumi Perkemahan Leles yaitu keindahan alam, Curug Leles, Taman Air Terjun, Camping Ground, Tenjo Gunung serta Flora dan Fauna. Strategi pengembangan yang diterapkan yaitu dengan cara mengembangkan semua potensi-potensi yang dimiliki bekerjasama dengan masyarakat sekitar dengan merancang design yang unik serta menumbuhkan dan meningkatkan sadar konservasi melalui pendidikan dan penyuluhan kepada masyarakat, pengelola dan pengunjung serta tetap mempertahankan daya tarik kawasan wisata yang khas dengan melestarikannya, contohnya pohon Leles (Ficus glandulifera). Kawasan wisata alam Bumi Perkemahan Leles bisa dijadikan sebagai wisata pendidikan untuk pelajar yang berkunjung dengan menambah pengetahuan pelajar mengenai jenis satwa dan tumbuhan. Memelihara fasilitas yang ada agar bisa digunakan untuk jangka panjang serta untuk kenyamanan pengunjung.

 

Kata Kunci : Analisis SWOT; Strategi pengembangan; Bumi Perkemahan Leles TNGC.


Full Text:

PDF

References


Ading. 2010. Studi Pengembangan Faktor Internal dan Eksternal Kawasan Wisata Alam Lembah Cilengkrang Kabupaten Kuningan (skripsi). Kuningan: Program Sarjana, Universitas Kuningan.

Aryanti, Nita Septi. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia terhadap Strategi Pemasaran dan Pelayanan di Desa Wisata Kebonagung Imogiri Bantul (tugas akhir). Yogyakarta: Program Diploma III, Universitas Gadjah Mada.

Darmawan, D. dan Fadjarajani, S. 2016. Hubungan antara pengetahuan dan sikap pelestarian lingkungan dengan perilaku wisatawan dalam menjaga kebersihan lingkungan (studi di kawasan objek wisata alam gunung galunggung desa linggajati kecamatan sukaratu kabupaten tasikmalaya). Jurnal Geografi. 4 (1): Hal 37-49.

Fathoni, Abdurrahmat. 2011. Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Flamin, A. dan Asnaryati. 2013. Potensi ekowisata dan strategi pengembangan Tahura Nipa-Nipa, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Jurnal Penelitian Kehutanan Wallacea. 2 (2): Hal 154 – 156.

Hakim, A. 2012. Ekowisata. Jurnal Ekowisata. Purwokerto: Jurusan Biologi UNSOED.

Latupapua, Y. 2007. Studi potensi kawasan dan pengembangan ekowisata di Tual Kabupaten Maluku Tenggara. Jurnal Agroforestri. 2 (1): Hal 65-71.

Lucyanti, R. Hendrarto, B dan Izzati, M. 2014. Strategi pengembangan obyek wisata bumi perkemahan palutungan berdasarkan analisis daya dukung lingkungan wisata di Taman Nasional Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan Propinsi Jawa Barat. Jurnal ekosains. 6 (1): Hal 34 – 36.

Meyers, Koen. 2009. Panduan Dasar Pelaksanaan Ekowisata. Jakarta: Technical Adviser for Environmental Sciences UNESCO.

National Park Board. 2013. Flora and Fauna. Singapore: National Parks.

Priyanto, R. Syarifuddin, D. Martina, S. 2018. Perancangan model wisata edukasi di objek wisata kampung tulip. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Hal 32-38.

Sofia Nuraeni, B. 2014. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat kunjung ulang wisatawan museum ranggawarsita Semarang. Jurnal Bisnis Strategi. 23 (1): Hal 1-20.

Yanto, I. 2010. Analisis Strategi Pengelolaan dan Pengembangan Obyek Wisata Bumi Perkemahan Palutungan Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan (skripsi). Fakultas Kehutanan, Universitas Kuningan. Kuningan

Zulhijja, L. dan Azzuhri, M. Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia terhadap Organizational Citizenship Behavior dan Kinerja Pegawai pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri”. Hal 1-14




DOI: https://doi.org/10.25134/wanaraksa.v12i1.4539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright @2013-2024 WANARAKSA nomor ISSN 2776-3986 (Online-Elektronik) dan 0216-0730 (versi cetak)



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. 

____________________________________________________________________________________________________________________________________________________

WANARAKSA Editorial Office:
Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Universitas Kuningan
Jl. Cut Nyak Dhien No.36 A, Cijoho, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45513, Indonesia
Phone/Whatsapp: +62 81324088139
Website: https://journal.uniku.ac.id/wanaraksa
E-mail: [email protected]