Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Ruang lingkup penelitian /artikel yang dapa diterbikan di Jurnal FON antara lain :
(1) Kebahasaan Indonesia; keilmuan bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, semantic, wacana, pragmatic, sosiolinguistik, psikolinguistik); keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, menulis);
(2) Kesastraan Indonesia (teori sastra, sejarah sastra, kritik sastra, sastra bandingan, ekranasi, sosiologi sastra);
(3) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (perencanaan pembelajaran, strategi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, kurikulum, bahan ajar, dan media pembelajaran).

 

Kebijakan Bagian

Articles

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Semua naskah yang dikirimkan akan dibaca oleh dewan editorial dan kemudian dievaluasi oleh penyunting. Naskah yang tidak sesuai dengan kriteria jurnal akan ditolak langsung oleh penyunting dan naskah yang dinilai berpotensi juga menarik bagi pembaca akan kami kirim ke peninjau (reviewer) untuk dilihat isi, kesesuaian, sistematika penulisan, dan kebahasaan.

Proses peninjauan menggunakan sistem doble blind review yang mengharuskan penulis dan peninjau tidak saling mengetahui satu sama lain. Para edirot kemudian membuat keputusan berdasarkan rekomendasi peninjau dari beberapa kemungkinan: ditolak, memerlukan revisi besar, revisi kecil, atau diterima.

 

Frekuensi Penerbitan

Jurnal FON : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diterbitkan dalam kurun waktu satu tahun dua volume yang terbit dibulan maret dan oktober.

 

Biaya

Penulisan di Jurnal ini tidak dikenakan biaya