Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Ruang lingkup penelitian /artikel yang dapat diterbikan di Jurnal Fon antara lain :
(1) Kebahasaan Indonesia; keilmuan bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, wacana, pragmatik, sosiolinguistik, psikolinguistik); keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, menulis);
(2) Kesastraan Indonesia (teori sastra, sejarah sastra, kritik sastra, sastra bandingan, ekranasi, sosiologi sastra);
(3) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (perencanaan pembelajaran, strategi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, kurikulum, bahan ajar, dan media pembelajaran).

 

Kebijakan Bagian

Articles

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Semua naskah yang dikirimkan akan dibaca oleh dewan editorial dan kemudian dievaluasi oleh penyunting. Naskah yang tidak sesuai dengan kriteria jurnal akan ditolak langsung oleh penyunting dan naskah yang dinilai berpotensi juga menarik bagi pembaca akan kami kirim ke peninjau (reviewer) untuk dilihat isi, kesesuaian, sistematika penulisan, dan kebahasaan.

Proses peninjauan menggunakan sistem doble blind review yang mengharuskan penulis dan peninjau tidak saling mengetahui satu sama lain. Para editor kemudian membuat keputusan berdasarkan rekomendasi peninjau dari beberapa kemungkinan: ditolak, memerlukan revisi besar, revisi kecil, atau diterima.

 

Frekuensi Penerbitan

Jurnal Fon : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diterbitkan dalam kurun waktu satu tahun dua volume yang terbit dibulan Maret dan Oktober. Bagi para penulis yang ingin menerbitkan naskahnya diharapkan mengirimkan naskah paling lambat lima (5) minggu sebelum waku penerbitan. Jika melebihi waktu tersebut apabila artikel yang dikirimkan dinyatakan layak, artikel tersebut mempunyai kemungkinan untuk diterbitkan dalam volume selanjutnya.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Fon menyediakan akses terbuka bagi siapa saja yang igin melihat ataupun mengunduh artikel ilmiah yang diterbitkan melalui laman Fon tanpa harus mendaftar tersebih dahulu dengan syarat dan ketentuan yang belaku bahwa pembaca atau pihak lain tidak melanggar kode etik akses dan publikasi.

 

Pengarsipan

OJS support LOCKSS(Lots of Copies Keep Stuff Safe). Sebuah sistem untuk mengarsipkan jurnal secara permanen dan aman. LOCKSS adalah perangkat lunak open source yang dikembangkan di Library of Stanford University yang memungkinkan perpustakaan untuk menjaga website jurnal yang dipilih dengan mengumpulkan backup data secara teratur dari website jurnal yang terdaftar untuk konten yang baru diterbitkan dan mengarsipkannya. Tiap arsip divalidasi secara terus menerus terhadap library caches yang lain, dan jika konten ditemukan dalam keadaan rusak atau hilang, caches atau jurnal yang lain digunakan untuk menyimpan ulang

 

Biaya

Penulisan di Jurnal ini tidak dikenakan biaya dari mulai pengajuan, proses peninjauan (review) sampai publikasi di laman FON. Penulis bisa langsung mendaftar sebagai penulis dan mengajukan naskah tanpa dipungut biaya sepeserpun sampai diterbitkan di laman jurnal.

 

Publikasi Cetak

Bagi penulis yang menginginkan bentuk cetak dari jurnal akan dikenakan biaya sebesar Rp 100.000,- untuk biaya cetak dan pengiriman termasuk di dalamnya, dengan syarat dan ketentuan barlaku. Harap hubungi kami untuk pemesanan publikasi cetak.

 

Pendaftaran Mitra Bestari (Reviewer)

Bagi yang berminat menjadi mitra bestari (reviewer) bisa mendaftar terlebih dahulu untuk sebagai penulis dan pembaca dan selanjutnya menghubungi narahubung kami yang tertera pada menu untuk melakukan tes dan wawancara secara daring sebagai bentuk profesionalitas hubungan kerja yang akan terjalin nantinya.