PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA DALAM WACANA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS VII MTS DARUSSALAM JAPARA TAHUN AJARAN 2014/2015

  • Ifah Hanifah
  • Hani hanipah

Abstract

ABSTRAK

Judul penelitian ini adalah perbedaan hasil pembelajaran menemukan gagasan utama dalam wacana menggunakan metode pembelajaran make a match dan metode pembelajaran talking stick pada siswa kelas VII MTs Darussalam Japara tahun ajaran 2014/2015. Rumusan masalah: 1) bagaimanakah hasil pembelajaran menemukan gagasan utama dalam wacana menggunakan metode pembelajaran make a match pada siswa kelas VII MTs Darussalam Japara tahun ajaran 2014/2015?; 2) bagaimanakah hasil pembelajaran menemukan gagasan utama dalam wacana menggunakan metode pembelajaran talking stick pada siswa kelas VII MTs Darussalam Japara tahun ajaran 2014/2015?; 3) adakah perbedaan hasil pembelajaran menemukan gagasan utama dalam wacana menggunakan metode pembelajaran make a match dan metode pembelajaran talking stick pada siswa kelas VII MTs Darussalam Japara tahun ajaran 2014/2015? Metode: deskriptif komparatif. Simpulan: 1) hasil pembelajaran menemukan gagasan utama dalam wacana menggunakan metode pembelajaran make a match pada siswa kelas VII MTs Darussalam Japara kurang, dari nilai rata-rata yang dicapai yaitu 50.70; 2) hasil pembelajaran menemukan gagasan utama dalam wacana menggunakan metode pembelajaran talking stick pada siswa kelas VII MTs Darussalam Japara cukup, dari nilai rata-rata yang dicapai yaitu 59.36; 3) ada perbedaan yang signifikan hasil pembelajaran menemukan gagasan utama dalam wacana menggunakan metode pembelajaran make a match dan metode pembelajaran talking stick pada siswa kelas VII MTs Darussalam Japara. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menyatakan bahwa pada taraf signifikan 5% diperoleh 2,000, sedangkan nilai t hitung lebih besar yaitu 3,09.

 

Kata Kunci: Perbedaan, Hasil Pembelajaran, Metode Make A Match, Dan Metode Talking Stick

 

Author Biographies

Ifah Hanifah
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Kuningan
Hani hanipah
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Kuningan

References

DAFTAR PUSTAKA

Arifin, E. Zaenal dan S. Amran Tasai. (2009). Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta : Akademika Pressindo

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Heryadi, Dedi. (2008). Statistika Praktis untuk Penelitian Pendidikan. Tasikmalaya: Universitas Kuningan

Heryadi, Dedi. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Tasikmalaya: Pustaka Billah

Hs, Widjono. (2007). Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadiaan di Perguruan Tinggi. Jakarta : PT Grasindo

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Keraf, Gorys.(1979). Komposisi. Jakarta: Nusa Indah

Kridalaksana, Harimurti. (2008). Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Prihantini, Ainia. (2015). Master Bahasa Indonesia. Yogyakarta : PT Bentang Pustaka

Sanjaya, Wina. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Sugiyono.(2013).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV Alfabeta

Suprijono, Agus. (2011). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Trianto.(2013). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : PT Bumi Aksara

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. (2011). Pengantar Statistik .Jakarta : PT Bumi Aksara

Waluyo, Budi.(2013). Bahasa dan Sastra Indonesia. Solo : PT Tiga Serangkai Pustaka Mand

Yuliani, Yeni. (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Question Student Have untuk Meningkatkan Kemampuan Menemukan Gagasan Utama dalam Teks Wacana pada Siswa Kelas VII SMP Negri 2 Cigugur Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2012/2013. Universitas Kuningan

Published
2016-11-27
Section
Articles