UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA TEKS CERITA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW (SQ3R
Abstrak
Upaya meningkatkan pemahaman siswa pada teks cerita anak di kelas VII A SMPN 2 Garawangi merupakan salah satu tindakan yang telah penulis lakasanakan. Hal tersebut berdasarkan pada masalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam membaca pemahaman teks cerita anak karena itu tujuan dan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam memahami teks cerita anak di kelas VII A SMPN 2 Garawangi.
Metode yang penulis gunakan dalam peneltian ini adalah SQ3R, dimana nilai hasil belajar siswa di rata-ratakan, dan dibuat prosentase ketuntasan berdasarkan KKM yang telah ditetapkan.Selanjutnya hasil tersebut dibandingkan dengan indikator keberhasilan.
Hasil pembahasan data-data menunjukkan adanya peningkatan kemampuan memahami teks cerita anak.Hak ini terlihat pada hasil belajar yang dari prasiklus yaitu tingkat ketuntasan belajar siswa hanya 26% dengan rata-rata nilai 58.Pada siklus kesatu ada peningkatan yang signifikan dimana tingkat ketuntasan sebesar 64% rata-rata nilai 72.Pada siklus ketiga terlihat adanya peningkatan lalgi dengan tingkat ketuntasan 85% rata-rata nilai 79.Hal ini dapat dikategorikan berhasil karena melebihi criteria ketuntasan yaitu 75% dari jumlah siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam meningkatkan pemahaman pada tekse cerita anak di kelas VII A SMPN 2 Garawangi.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Dirjen PMPPTK.
Direktorat PLP, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta : Balai Pustaka.
Kemmis, S. dan taggart, R. 1988. The Action Research Planner Deakin : Deakin University.
KTSP, 2006.Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SMP.Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
PTK Muhammad Karwapi (2010) : Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Penggunaan Pembelajaran Model Survey, Read, Recall, Review (SQ3R) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri No. 06 Butte Kabupaten Barru. Tidak diterbitkan
Sarumpaet, Riris K, Toha. 1975. Bacaan Anak-anak :Suatu Penyelidikan Anak-anak serta Minat Anak pada Bacaannya. Jakarta: Pustaka Jaya.
Sugihastuti. 1996. Serba Serbi Cerita Anak. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Trimansyah, Bambang. 1999. Fenomena Instrinsik Cerita Anak Indonesia Kontemporer, Dunia Sastra yang Terpinggirkan. Bandung : Penerbit Nuansa.
Penulis yang menerbitkan artikel dalam Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta artikel dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah lisensi CC-BY-SA atau The Creative Commons Attribution - Share Alike Licence.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.