KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN POWER POINT TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN PRESTASI BELAJAR

Siti Eliyah, Isnani Isnani, Wikan Budi Utami

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1)kepercayaan diri siswa yang diajar menggunakan model CRH lebih baik daripada model Konvensional, (2)prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model CRH lebih baik daripada model Konvensional, (3)ada perbedaan kepercayaan diri dan prestasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan model CRH dengan model Konvensional, (4)kepercayaan diri dan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model CRH lebih baik daripada model Konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Multivariat Post Test dengan Dua Kelompok Random. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Cluster random Sampling, diperoleh 95 siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, Angket dan Tes Prestasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t satu pihak kanan, Uji Manova dan Uji Hotelling. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1)kepercayaan diri siswa yang diajar menggunakan model CRH lebih baik daripada model Konvensional, (2)prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model CRH lebih baik daripada model Konvensional, (3)ada perbedaan kepercayaan diri dan prestasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan model CRH dengan model Konvensional, (4)kepercayaan diri dan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model CRH lebih baik daripada model Konvensional.


Keywords


Course Review Horay (CRH), Keefektifan, Kepercayaan Diri, Prestasi Belajar

References


Aksiwi, R., D. & Sagoro, E., M. (2014). Implementasi Metode Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Aktivitas dan hasil Belajar Jurnal Penyesuaian. Juenal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. 12 No. 1, 36-47.

Amaliyah, T. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay dengan Pendekatan Ketrampilan Proses Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Lingkaran. Skripsi : Universitas Pancasakti Tegal.

Amelia, F., & Siahaan, F. H. (2016). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay dengan Time Token Arends terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Lakssaman Batam Tahun Pelajaran 2014 / 2015. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2).

Auliya, R. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CRH (Course, Review, Hurray) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kecemasan Matematika Siswa SMP (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia

Kushartanti, A. (2009). Perilaku Menyontek ditinjau dari Kepercayaan Diri. Indigenous, Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi. Vol. 11, No. 2, 38-46.

Lestari, K.E dan Yudhanegara M.R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Mustikasari, M., Isnani, I., & Susongko, P. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Microsoft Power Point Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerikmateri Pokok Statistika. JPMP, 1(1).

Sari, D. K. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Handout Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Ma Ribatul Mutaallimin Kota Pekalongan. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 15-24.

Sinambela, P. N. (2017). Faktor-Faktor Penentu Keefektifan Pembelajaran dalam Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction). Generasi Kampus, 1(2).

Sundayana, R. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung. Alfabeta

Trianto, (2009). Mendesain Model Pembelajan Inovatif Progresif. Kencana.

Tuu, T. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Yulianto, F., & Nashori, F. (2006). Kepercayaan diri dan prestasi atlet tae kwon do daerah istimewa Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 3(1), 55-62


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JES-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.