PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE NESTED DALAM PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI INDUKSI MATEMATIKA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda & Abdillah. (2018). Pembelajaran Terpadu (Karakteristik, Landasan, Fungsi, Prinsip dan Model). Medan: LPPPI.
Aini, I., N. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui pendekatan open-ended. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 2(2), pp. 29-40
Akhyar, M.,K. & Rokhmah, M. (2018). Efekivitas Model Pembelajaran Knisley Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Pokok Bahasan PLDV. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 4(2), pp. 141-152
Anggraini, L., Rusdy, S., A., & Ilma, R. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii-4 Smp Negeri 27 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1)
Cai, J., & Steven, H. (2005). Generalized and Generative Thinking in U.S and Chinese Students' Mthematical Problem Solving and Problem Posing. Journal of mathematical Behavior, 2(1), pp. 401-21
Darsono. (2012). Pengaruh Penerapan Metode Percobaan Ipa Terpadu Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Kalasan Dengan Tema “Makanan” [diakses di http://eprints.uny.ac.id/9166/1/%20-%2008312241001.pdf]
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati, J. (2016). Pembelajaran Terpadu (Untuk Taman Kanak-kanak/Raudhatul Athfal dan Sekolah Dasar). Jakarta : Prenadamedia Group.
Ekawati, L. (2010). Pengaruh Pembelajaran Terpadu Model Nested Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP PGRI 1 Ciputat. Jurnal pedagogi, 2, 26-39.
Fathani, A., H., Ilmi, Y., I., N., & Santriyo, F. (2020). Penerapan Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Bagi Peserta Didik Kelas X Sma Islam Nusantara Malang Pada Materi Pertidaksamaan Rasional Dan Irrasional. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(1), pp. 1-10
Firdaus, E., F. (2019). Pengaruh keaktifan siswa dalam pembelajaran metode probing promting terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis materi logika. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 5(2), pp. 137 – 144.
Huda, A., Isnarto, & Erwina, L. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Induktif Kelas XII SMAN 7 Semarang pada Materi Induksi Matematika Melalui Pembelajaran Model TAI. Prosiding Seminar Nasional Matematika (PRISMA), 1, pp. 12-17
Idris, N. (2009). Enhancing students’ understanding in calculus trough writing. International Electronic Journal of Mathematics Education, 4(1), pp. 36–55.
Juanti, L, Santoso, B. & Hiltrimartin, C. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan. 14(2), pp. 198-217
Kristanto, Y., D. (2013). Induksi Matematika. Dikutip dari: [diakses pada https://yos3prens.wordpress.com/2013/10/06/induksi-matematika/]
Kurniawan, D. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
Kusuma, M., Wahidin, & Gloria, R., Y. (2015). Penerapan Pembelajaran Terpadu Tipe Nested (Tersarang) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Pada Konsep Ekosistem Di Kelas X Sma Negeri 5 Kota Cirebon. SCIENTIAE EDUCATIA, 5(2).
Maharani, Wahidin, & Ria. (2015). Penerapan Pembelajaran Terpadu Tipe Nested untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa pada Konsep Ekosistem di Kelas X SMA. .Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 8, pp. 7-22.
NCTM. (2000). Principles and standars for school mathematics. Roston, VA: National Council of Teacher of mathematics.
Riduwan. (2009). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta
Sari, D., L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Nested Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pembelajaran Tematik Kelas V Sd Negeri 1 Pardasuka. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Sumantri, M., S. (2016). Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suwangsih, E. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.
Trianto. (2017). Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta : Bumi Aksara.
Yuanari, N. (2011). Penerapan Strategi TTW (Think-Talk-Write) Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 5 Wates Kulonprogo. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i2.3044
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Aan Armini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View MyStat
--------------------------------
JES-MAT INDEXING:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.