Main Article Content
Abstract
Penggunaan virtual reality sangat berguna di bidang pendidikan dalam meningkatkan pemahaman siswa saat belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tren publikasi dan kutipan, serta fokus penelitian, dan bagaimana penerapannya dalam pembelajaran oleh guru dari tahun 2020 hingga 2024. Metode penelitian ini menggunakan analisis bibliometrik menggunakan database yang bersumber dari Google Scholar menggunakan aplikasi publish or perish dan divisualisasikan dengan aplikasi Vos-Viewer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan tren publikasi tidak diikuti oleh tren kutipan. Kemudian fokus penelitian berdasarkan kata kunci virtual reality dan pendidikan konsep masih banyak digagalkan sehingga dapat menjadi rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut. Penggunaan virtual reality untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam kegiatan pembelajaran dapat diterapkan dengan beberapa model pembelajaran, seperti: Inquiry, Project Based Learning, Problem Base Learning, Discovery Learning, STEM, dan SETSPenggunaan virtual reality sangat berguna di bidang pendidikan dalam meningkatkan pemahaman siswa saat belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tren publikasi dan kutipan, serta fokus penelitian, dan bagaimana penerapannya dalam pembelajaran oleh guru dari tahun 2020 hingga 2024. Metode penelitian ini menggunakan analisis bibliometrik menggunakan database yang bersumber dari Google Scholar menggunakan aplikasi publish or perish dan divisualisasikan dengan aplikasi Vos-Viewer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan tren publikasi tidak diikuti oleh tren kutipan. Kemudian fokus penelitian berdasarkan kata kunci virtual reality dan pendidikan konsep masih banyak digagalkan sehingga dapat menjadi rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut. Penggunaan virtual reality untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam kegiatan pembelajaran dapat diterapkan dengan beberapa model pembelajaran, seperti: Inquiry, Project Based Learning, Problem Base Learning, Discovery Learning, STEM, dan SETS
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Aminudin, S., Rahmawati, T., & Ismail, A. Y. (2023). Penggunaan Teknologi Virtual Reality dalam Proses Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa di Indonesia: Sebuah Tinjauan Literatur. Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu Dan Pendidikan Biologi, 11(1), 36-40. https://doi.org/10.25134/edubiologica.v11i1.10509
References
- Alfarizi, M., & Yugopuspito, P. (2020). Pengembangan Museum Virtual Reality Berbasis Inkuiri Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(2), 94–103. https://doi.org/10.33830/jp.v21i2.974.2020
- Brown, A.H., & Tim, G. (2016). Virtual Reality: Low-Cost Tools and Resources for the Classroom. TechTrends, 60(5):517–519. http://dx.doi.org/10.1007/s11528-016-0102-z
- Charles, Delvian, Y., Tio, S.R., & Eryc. (2023). Analisa Pengaruh Virtual Reality Terhadap Perkembangan Pendidikan Indonesia. Journal Innovation in Education, 1(3), 40-53.
- Fardani, A.T. (2020). Penggunaan Teknologi Virtual Reality Untuk Sekolah Menengah Pertama Pada Tahun 2010-2020. E-Tech, 8(1), 1-11. 10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
- Folgado-Fernández, J. A., Palos-Sánchez, P. R., & Camacho, M. A. (2020). Motivaciones, formación y planificación del trabajo en equipo para entornos de aprendizaje virtual. Interciencia, 45(2), 102- 109.
- Freina, L., & Ott, M. (2015). A literature review on immersive virtual reality in education: state of the art and perspectives. In: Proceedings of the 11th international scientific conference elearning and software for education, Bucharest, pp 133–141
- Kamińska, D., Sapiński, T., Wiak, S., Tikk, T., Haamer, R. E., Avots, E., & Anbarjafari, G. (2019). Virtual reality and its applications in education: Survey. Information, 10(10), 318. https://doi.org/10. 3390/info10100318
- Naik, G., Chetan, C., Manaswini, B., & Jothsna, R. (2020). Impact of use of technology on student learning outcomes: Evidence from a large-scale experiment in India. World Development, 127, 104736. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2019.104736
- Perdana, P.A., & Rosana, D. (2023). Pengembangan Eksperimen Virtual Model Science, Environtment, Technology and Society berbasis Augmented Reality Materi Ekosistem untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 11(1), 152-164. https://dx.doi.org/10.24815/jpsi.v11i1.27655
- Purwati, D.E. (2023). Media Ajar Matematika Berbasis STEM Menggunakan Augmented Reality Untuk Siswa SMK. Aksioma : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 14(2), 241-250. https://doi.org/10.26877/aks.v14i2.16080
- Rahmawati, S., Paradia, P.A., & Noor, F.M. (2021). Meta Analisis Media Pembelajaran IPA SMP/MTS Berbasis Virtual Reality. Optika : Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 12-25.
- Rasyida, R., Nurdin, E.A., & Rasim. (2023). Pembelajaran Berbasis Metaverse–Virtual RealityMenggunakan Spatial.io dengan Model Discovery Learninguntuk Meningkatkan Pemahaman dan Minat Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 15875-15883.
- Setyawan, M.D., Hakim, L.E., & Aziz, T.A. (2023). Kajian Peran Virtual Reality (VR) Untuk Membangun Kemampuan Dialogis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Japendi, 4(2), 122-131. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i02.1592
- Sihombing, S., Hizkia, R.S., Jonas, R.S., & Hardi, T. (2021). Analisis Minat dan Motivasi Belajar, pemahaman Konspe dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran Dalam Jaringan. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 4(1), 41-45. https://doi.org/10.31539/judika.v4i1.2061
- Sinana, A.R., Tolle, H., & Bachtiar, F.A. (2022). Desain Media Pembelajaran Dengan Model Problem-Based Learning Dan Gamifikasi Untuk Materi Bangun Ruang Tingkat Smk Berbasis Virtual Reality. Jurnal teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 9(2), 381-390. 10.25126/jtiik.202295627
- Spiteri, M., & Shu-Nu, C.R. (2020). Literature Review on the Factors Affecting Primary Teachers’ Use of Digital Technology. Tech Know Learn, 25, 115-128. https://doi.org/10.1007/s10758-018-9376-x
- Taufiqurrohman, & SUmbawati, M.S. (2021). Penerapan Media Virtual Tour Dengan Google Expedition Dalam Pembelajaran Project Based Learning Di Smk Negeri 10 Surabaya. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 247-253. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/37483
- Wohlgenannt, S., Alexander, S., & Stefan, S. (2020). Virtual Reality. Business & Information Systems Engineering, 62(5), 455-461. 10.1007/s12599-020-00658-9