Implikasi Gaya Berpikir dan Interaksi Sosial Siswa pada Pembelajaran Model Kooperatif Berbasis Media Informasi dan Komunikasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Jojo Warjo, Usep Soetisna, Abdul Muis

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Implikasi gaya berpikir dalam pembelajaran model kooperatif berbantuan media informasi dan komunikasi terhadap prestasi belajar siswa pada materi Ekosistem. (2) Implikasi interaksi sosial dalam pembelajaran model kooperatif berbantuan media informasi dan komunikasi terhadap prestasi belajar siswa pada materi Ekosistem. (3) Implikasi gaya berpikir dan interaksi sosial dalam pembelajaran model kooperatif tipe jigsaw berbantuan media informasi dan komunikasi terhadap prestasi belajar siswa pada materi Ekosistem. Penelitian menggunakan metode eksperimen. Populasi yaitu seluruh siswa kelas X program IPA SMA Negeri 1 Ciwaru Kabupaten Kuningan. Sampel ditentukan dengan teknik random ( random sampling) terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IPA 1 dan X IPA 2. Kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen terdiri dari 30 siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jig saw berbantuan media informasi dan komunikasi, dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol terdiri dari 30 siswa menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes. Uji hipotesis menggunakan Anova dua jalur (univariat). Pada penelitian ini pengujian hipotesis menggunakan bantuan software SPSS Versi 22. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Gaya berpikir dalam pembelajaran kooperatif tidak berimplikasi secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa. 2) Interaksi sosial dalam pembelajaran kooperatif tidak berimplikasi secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa. 3) Gaya berpikir secara bersamaan dengan Interaksi sosial siswa tidak berimplikasi secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa

Keywords: Gaya Berpikir; Interaksi Sosial; Model Kooperatif; Media Informasi Komunikasi; Prestasi Belajar

 

Full Text:

PDF

References


Abdulsyani. 1994. Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan. Jakarta : Bumi Aksara.

Abu, Ahmadi. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta : Rineka Cipta.

Anita Lie. (2008). Cooverative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo

Arends, R.I. 2008 . Learning To Teach. Belajar Untuk Mengajar. (Penerjemah : Helly Prajitno dan Sri Mulyantini). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Arief S. Sadiman, R. Rahardjo; Anung Haryono; Rahardjito. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Azhar, Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Budiyono. 2004. Statistika Dasar untuk Penelitian. Surakarta : UNS Press.

Budiyono. 2005. Implementasi dan Tindak Lanjut Assesment Aspek Afektif dan Psikomotor. Surakarta : UNS Press.

Bobbi DePorter and Mike Hernacki. 2008. Quantum Learning. Bandung : Penerbit Kaifa.

Bobbi DePorter and Mike Hernacki. 2003. Quantum Teaching. Bandung : Penerbit Kaifa.

Campbell, N.A., Reece, J.B., Mitchell, L.G. 2002. Biologi. Alih bahasa lestari, R. et al. safitri, A., Simarmata, L., Hardani, H.W. (eds). Erlangga, Jakarta.

Campbell, Neil, A. 2012. Biologi Jilid 3. Jakarta : Erlangga.

Campbell N.A. Mitchell LG, Reece JB, Taylor MR, Simon EJ. 2006. Biology, 5th ed. Benjamin Cummings Publishing Company, Inc., Redword City, England

Dayakisni, T. & Hudaniah. 2009. Psikologo Sosial. Malang. UMM Press.

Gagne, R.M. 1977. The Conditions Of Learning Third Edition. New York : Rinehart and Winston. Inc.

Irnaningtyas. 2013. Biologi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : Erlangga.

Johnson, D.W. and Johnson, R.T. 1993. “The Internal Dinamics of Cooperative Learning Groups” (Robert E. Slavin. Learning to Cooperate, Cooperating to Learn) (103-124). London : Plenum Press.

Kem, J.E. dan Dayton, DK. 1985. “Planing and Producing Intruction Media”.Harper & Row Publishers, New York.

Kingsley, H.L. and Ralph Garry. 1957. The Nature and Condition of Learning. N.J. : Prentice Hall, Inc.

Maltby, F, N.L. Gage, D.C. Perliner. 1995. Educational Psychology. Sydney : John Willey & Sons.

Manning M.L. & Lucking, R. 1992. The What, Why and How of Cooperative Learning (Marcia, K. Pearshall). Washington : TNTSA.

Masidjo. 1995. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta : Kanisius.

Mudasiru Olalere YUSUF (PhD), 2010, “Effects Of Computer Assisted Instruction (CAI) On Secondary School Students’ Performance In Biology”, volume 9 Issue 1, [email protected]

Muhibbin, Syah. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nana, Sudjana dan Ahmad Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Oemar Hamalik. 1992. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru.

Orora William, 2014, "Using Cooperative E-Learning Teaching Strategy To Enhance Students’ Creativity In Secondary School Biology: A Study Of Selected Schools In Nakuru County, Kenya” volume 2(6): 137-146, journal homepage: http://pakinsight.com/?ic=journal&journal=61

Ratna Wilis Dahar. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta : Erlangga.

Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rebecca A. Penwell, Sherine F. Elsawa and Thomas Pitzer, 2004, “Cooperative and Active Learning in Undergraduate Biological Laboratories at FIU-Implications to TA Teaching and Training” volume 30 (2). http://eric.ed.gov/?id=EJ876508

Rudi Susilana dan Cepi Riyana. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Saiful Bahri Djamarah. 1994.Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Singgih D. Gunarsa. 1996. Psikologi Remaja. Jakarta : Gunung Mulia.

Slamet,Santosa. 2006. Dinamika Kelompok. Ed. Rev. Cet-2. Jakarta : Bumi Aksara.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soerjono Soekanto. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Rajawali Press.

Soh OR KAN, 2011, “Cooperative Learning Environment With The Web 2.0 Tool E-Portfolios” volume 12 Number: 3 Article 11, http://eric.ed.gov/?id=EJ965076

Subana, dan Sudrajat. 2001. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 1993. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Karya.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Suyarno. 1985. Psikologi Belajar. Surakarta : UNS Press.

Robert E. Slavin. 2008. Cooperative Learning. Teori, Riset dan Praktik. (Terjemahan). Bandung : Nusa Indah.

Rudi Susilana dan Cepi Riyana. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Wuryadi, 1999. Konsep Pendidikan Biologi dan Implementasinya dalam Penelitian. Yogyakarta : FMIPA UNY.

Yudhi Munadi. 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : Gaung Persada Press.

Purwanto, (2010) Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta:Pustaka Belajar), 42.

Rahayuningsih, et al; (2013), Pembelajaran Biologi dengan Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Menggunakan Media Animasi dan Media Lingkungan Ditinjau Dari Sikap Ilmiah dan Gaya Belajar. Jurnal Inkuiri ISSN:2252-7893, Vol 2, No 2, 2013 (173-183) http//jurnal fkip uns ac.id/index.php/sains.

Rofisian, N (2017), Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Media Pembelajaran IPA, Magistra No. 99 Th. XXX ,

Rusman, (2009). Manajemen Kurukulum. Jakarta. PT. Raja Grafindo.

Rusilowati, A. Kurniawati, L, Nugroho, S.E, & Widyatmoko, A. (2016). Developing an Instrumen of Scientific Literacy Asessment on The Cycle Them. Internasional Journal of Environmental & Science Education. 11(12): 5718-5727.

Sanjaya, W. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman AM. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT




DOI: https://doi.org/10.25134/edubiologica.v6i1.2358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Organized by the Department Master of Biology Education, Graduate School, the University of Kuningan
ISSN 2355-2352 (print)
Alamat : Jl. Pramuka No. 67 Kuningan 45512, Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : (1232) 878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/edubiologica

Email : [email protected]

Creative Commons License

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License