Penerapan Model Jigsaw Terhadap Keterampilan Menjelaskan Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah

Sri Tuti Widiarsari, Adun Rusyana, Anna Fitri Hindriana

Abstract


Penelitian bertujuan untuk untuk menggambarkan keterlaksanaan pembelajaran dengan penerapan model jigsaw pada materi ekosistem di kelas VII SMP Negeri 1 Banjaran, untuk memperoleh data pengaruh penerapan model jigsaw terhadap keterampilan menjelaskan dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi ekosistem di kelas VII salah satu SMP Negeri di Banjaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII disalah satu SMP Negeri di Banjaran Kabupaten Majalengka yang berjumlah 136 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, sehingga sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII F yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen menerapkan model jigsaw. Instrumen penelitian yang digunakan adalah task dan rubric, tes essay dan lembar observasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah uji normalitas, uji t perlakuan dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil analisis data uji t satu perlakuan diperoleh nilai statistik uji hipotesis memperoleh nilai t = 63,997 dengan Sig. 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh penerapan model problem based learning terhadap keterampilan menjelaskan pada materi ekosistem di kelas VII SMP Negeri 1 Banjaran. Berdasarkan hasil analisis data uji t satu perlakuan pada keterampilan menjelaskan dengan perolehan rata-rata nilai 81,00 diperoleh nilai statistik uji hipotesis yang menunjukan bahwa penerapan model jigsaw dapat meningkatkan keterampilan menjelaskan konsep pada materi ekosistem di kelas VII salah satu SMP Negeri di Banjaran. Hasil analisis uji hipotesis keterampilan pemecahan masalah dengan nilai rata-rata post test 79,91 menunjukkan bahwa penerapan model jigsaw dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi ekosistem di kelas VII salah satu SMP Negeri di Banjaran. Rerata  N-Gain kemampuan pemecahan masalah siswa dengan penerapan model jigsaw 0,43 termasuk kriteria sedang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model jigsaw dapat meningkatkan keterampilan menjelaskan dan kemampuan pemecahan masalah pada materi ekosistem di kelas VII salah satu SMP Negeri di  Banjaran

Keywords: Model jigsaw; Keterampilan menjelaskan konsep; Kemampuan pemecahan masalah


Full Text:

PDF

References


Achmad. 2007. Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran. Bandung : Pustaka Setia

Ahmadi, Iif Khoiru. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Surabaya : Prestasi Pustaka.

Hamzah. 2010. Model Pembelajaran dan Pendekatan Ilmiah (Scientific). Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Kresnawati. 2004. Kemampuan Berpikir dan Memecahkan Masalah Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Nida. 2008. Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Kemampuan Berpikir. Suraaya : Kartika

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Semiawan. 2003. Keterampilan Pemecahan Masalah. Jakarta : Rineka Cipta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Leraning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Surabaya : Pustaka Pelajar.

Wahab. 2007. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pembelajaran. Bandung : Pustaka Setia.

Widdiharto, Rachmadi. 2004. Model pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Widodo. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Bina Aksara.

Widyatiningtyas. 2009. Keterampilan Proses Sains. Jakarta : Rineka Cipta.

Zubaidah. 2007. Kemampuan Berpikir dan Kreativitas Siswa. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.25134/edubiologica.v7i1.2391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Organized by the Department Master of Biology Education, Graduate School, the University of Kuningan.

ISSN 2355-2352 (print)
Alamat : Jl. Cut Nyak Dhien No.36A, Cijoho, Kec. Kuningan Kabupaten Kuningan Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : (1232) 878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/edubiologica
Email : [email protected]

Creative Commons License

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License