Pemberdayaan Remaja melalui Penerapan Teknik Brainstorming untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Inggris

  • Nani Ronsani Thamrin PBI Universitas Kuningan
  • Erlan Darmawan Universitas Kuningan
  • Dede Irawan Universitas Kuningan
Keywords: Youth Empowerment, Brainstorming Technique, Reading Skills, English Language

Abstract

 

This community service program aims to empower adolescents  in Kedungarum Village by implementing brainstorming techniques to enhance their English reading skills. The training is designed to improve reading and comprehension of English texts through interactive and collaborative approaches. The methods used include material presentations, group discussions, and practical reading exercises utilizing brainstorming techniques. In this program, participants are actively engaged in identifying main ideas and supporting details in texts and developing critical understanding through group discussions. The results of this activity show a significant increase in active participation and understanding of the content, as well as in the participant's ability to generate creative ideas. Post-training evaluations indicate that the youths who participated in this program experienced significant improvements in reading skills and interest in the English language. These findings suggest that brainstorming techniques can be an effective method for enhancing English literacy among young people.

 

 

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan remaja di Desa Kedungarum melalui penerapan teknik brainstorming guna meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Inggris. Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan membaca dan pemahaman teks bahasa Inggris secara interaktif dan kolaboratif. Metode yang digunakan meliputi penyampaian materi, diskusi kelompok, dan latihan praktik membaca menggunakan teknik brainstorming. Dalam kegiatan ini, peserta diajak untuk secara aktif mengidentifikasi ide-ide utama dan detail pendukung dalam teks, serta mengembangkan pemahaman kritis melalui diskusi kelompok. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam partisipasi aktif dan pemahaman peserta terhadap isi teks, serta kemampuan mereka dalam mengembangkan ide-ide kreatif. Evaluasi pasca-pelatihan menunjukkan bahwa para remaja yang mengikuti kegiatan ini mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca dan ketertarikan terhadap bahasa Inggris. Hal ini menunjukkan bahwa teknik brainstorming dapat menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan literasi bahasa Inggris di kalangan remaja.

Author Biography

Nani Ronsani Thamrin, PBI Universitas Kuningan
Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNIKU

References

Afifa, S. N. U. R. (2024). Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Kedungadem. Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

Ardyanti, G. D., & Rezania, V. (2024). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Brainstorming terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(2), 349–358.

Ashila, L., & Dalilah, W. K. (2024). Kemampuan Membaca Pada Penerapan Metode The Silent Way Dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 3(5), 5745–5754.

Faizafati, M. Z. (2024). Pemanfaatan Pojok Baca Digital (Pocadi) Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Desa Landbaw Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus. Uin Raden Intan Lampung.

Fitriani, N. A. (2024). Pengembangan Panduan Pelatihan Teknik Brainstorming Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Pada Siswa SMA. Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

Hafifah, S. N., & others. (2024). Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Membaca Pemahaman Cerita Fiksi dengan Model PBL, SQ3R Dan TGT Kelas 4 di SDN Pulau Satu. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 2(1), 169–176.

Legawa, I. M., Wardana, I. K., Putri, K. D. R. M., & Lestari, P. I. J. (2023). Penguatan Pengetahuan Dan Keterampilan Bahasa Inggris Bagi Anak Kurang Mampu. Prosiding Seminar Regional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar, 2(1), 263–270.

Mare, F. J., & Arif, U. Q. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Phonemic Awarennes. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(2), 173–178.

Muniroh, V. M. (2024). Keefektifan Teknik Brainstorming Dengan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kesadaran Diri Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Balen. Universitah Nahdlatul Ulama Susan Giri.

Nasution, N. B., & Pasaribu, R. A. S. (2024). Pengaruh Layanan Konten Dengan Teknik Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 84–91.

Noer, M. Z., Kusmiyati, K., & Tobing, V. M. L. T. (2024). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Minat dan Kemampuan Membaca Bahasa Inggris Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(5), 964–969.

Nurdiansyah, M., Santoso, G., Layala, N., & others. (2024). Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional Sebagai Tinjaun Historis dan Politik. Jurnal Pendidikan Transformatif, 3(2), 139–150.

Octavia, P. N., & Jamila, J. (2024). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Brainstrorming Untuk Mengurangi Tingkat Kecemasan Akademik Siswa Sma Swasta Pab 8 Saentis. Jurnal Kualitas Pendidikan, 2(2), 129–136.

Pasaribu, A. N., Sembiring, R. A., Manik, S., Pasaribu, T. K., Marbun, L., & Sidauruk, M. (2024). Pelatihan Bahasa Inggris “Tenses” Bagi Siswa Sekolah Minggu HKBP Getsemane Medan Labuhan. Jurnal Visi Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 258–270.

Pujianto, W. E., Zaki, A., & Abdillah, I. (2024). Time To Change: Organization And Z Change. Pustaka Aksara.

Salsabila, P. (2024). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Belajar Dengan Menggunakan Metode Brainstorming Dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Man 1 Lampung Tengah. Uin Raden Intan Lampung.

Siahaan, S. C., Hutahaean, E. M., Hasibuan, R. D. D., Purba, G. R. T. P., & Prasasti, T. I. (2024). Peran Bahasa Indonesia Dalam Membangun Kesatuan Nasional: Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Resmi Dan Bahasa Inggris Sebagai Jembatan Internasional. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(5).

Siregar, K. J., Lubis, G. D. U., Silalah, S. S., Nainggolan, L. R., Bangun, M. B., & Chairunisa, H. (2024). Potensi Bahasa Indonesia Dalam Panggung Global: Analisis Peluang Dan Tantangan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8857–8868.

SUWARY, V. L. (2024). Pengembangan Modul Kewirausahaan Ekonomi Kreatif Berbasis Brainstorming Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Syarifah, E. F., Nurhidayat, E., & Fakhruddin, A. (2023). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi DUOLINGO untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Mandiri bagi Anggota Karang Taruna Desa Candrajaya. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 2102–2109.

Syufrianto, N. I. M., & others. (2024). Strategi Tenaga Ahli Keagamaan Untuk Pengentasan Buta Aksara Al-Qur’an Di Desa Parombean Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang. Universitas Muhammadiyah Parepare.

Widiyastuti, A., & Liesnawati, L. (2023). Implementasi Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di RA Persis 104 Cikajang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21814–21824.

Published
2024-11-19
How to Cite
Thamrin, N. R., Darmawan, E., & Irawan, D. (2024). Pemberdayaan Remaja melalui Penerapan Teknik Brainstorming untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Inggris. Empowerment, 7(03), 303-312. https://doi.org/10.25134/empowerment.v7i03.10868