Penguatan Karakter Guru melalui Reaktualiasai Cerita Rakyat bagi Guru Sekolah Dasar

Nini Ibrahim, Prima Gusti Yanti, Wini Tarmini, Ahmad Hidayatullah

Abstract


Teachers are key in shaping students' character, and it is important for them to prepare themselves and enhance their own character before instilling it in their students. Folklore plays a crucial role in realizing this goal. Therefore, community service activities are conducted with the aim of strengthening teachers' character through an understanding of these values. Seminars and mentoring procedures are implemented as methods for conducting these activities. The results of these activities reveal the support of the community service team, and positive evaluation outcomes have provided significant benefits in strengthening teachers' characters, including their ability to recognize character values, develop creativity in writing folklore stories, and relate folklore to current social issues. In conclusion, these activities have successfully improved the understanding and skills of teachers in using folklore as an effective tool for character development.

Guru merupakan kunci utama dalam pembentukan karakter peserta didik. Guru perlu mempersiapkan diri dan meningkatkan karakternya menjadi lebih baik sebelum menanamkan kepada siswa. Dalam hal ini, cerita rakyat memiliki peranan penting dalam merealisasukan hal tersebut. Untuk itu, kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat karakter guru melalui pemahaman nilai tersebut. Prosedur seminar dan pendampingan dilakukan sebagai metode pelaksanaan kegiatan. Hasil kegiatan ini mengungkapkan adanya dukungan tim pengmas dan hasil evaluasi yang positif memberikan manfaat yang signifikan dalam penguatan karakter guru-guru, termasuk kemampuan mengenali nilai-nilai karakter, mengembangkan kreativitas dalam menulis cerita rakyat, dan mengaitkan cerita rakyat dengan permasalahan sosial aktual. Simpulannya yaitu kegiatan ini telah berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru-guru dalam menggunakan cerita rakyat sebagai alat efektif dalam penguatan karakter.



Keywords


Reactualization, Folklore, Teacher, Character

Full Text:

PDF

References


Ahsanulkhaq, M. 2019. Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).

Ardhyantama, V. 2017. Pendidikan Karakter melalui Cerita Rakyat Pada Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 1(2), 95-104.

Budiyono, B., & Feriandi, Y. A. 2017. Menggali Nilai Nilai Kearifan Lokal Budaya Jawa Sebagai Sumber Pendidikan Karakter. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling (Vol. 1, No. 1, pp. 92-103).

Burhanuddin, A. A. 2021. Strategi Penanaman Nilai-Nilai Anti Korupsi Pada Mahasiswa. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(2), 54-72.

Fitriani, H., & Sugiarti, S. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Sebagai Pembentuk Karakter Siswa MTs NU Umbul Sari Kabupaten OKU Timur. LOYALITAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-7.

Kristanto, M. 2014. Pemanfaatan Cerita Rakyat sebagai Penanaman Etika Untuk Membentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 59-64.

Lizawati, L. 2018. Cerita Rakyat Sebagai Sarana Pendidikan Karakter dalam Membangun Generasi Literat. SeBaSa, 1(1), 19-26.

Perdana, I., & Kriswantara, G. 2021. Bahan Ajar Digital Membaca Teks Cerita Rakyat Kalimantan Tengah Bermuatan Pendidikan Karakter dan Literasi Kritis. Sawerigading, 27(2), 191-204.

Rahmat, L. I. 2019. Kajian Antropologi Sastra dalam Cerita Rakyat Kabupaten Banyuwangi Pada Masyarakat Using. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(1), 83-93.

Ramdani, E. 2018. Model pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal sebagai penguatan pendidikan karakter. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1-10.

Ridwan, M. 2023. Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Permainan Tradisional Pada Cerita Anak Perahu Daun Karya Iwon Abqary. Dialektika Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(2), 41-50.

Seli, S., & Hassan, M. M. A. 2017. Nilai-Nilai Tempatan Komuniti Dayak Kanayatn Yang Wujud dalam Cerita Rakyat: Local Values of the Dayak Kanayatn Community that Appear in their Folktales. Jurnal Pengajian Melayu (JOMAS), 28(1), 209-251.

Suarmaja, I. W., Satika, I. B. A., Anggara, I. W., & PF, K. A. P. D. 2020. Relevansi Ungkapan Mitos sebagai Kearifan Lokal dalam Penanaman Etika. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 79-84.

Susilo, A., & Isbandiyah, I. 2019. Peran Guru Sejarah dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Anak Era Globalisasi. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 171-180.

Umri, C. A. 2021. Nilai-Nilai Budaya dalam Cerita Rakyat Baturaden Pada Masyarakat Banyumas Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra Di Sekolah Dasar. Jurnal Ummi, 93-100.

Wuryandani, W., & Pd, M. 2010. Integrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran untuk menanamkan nasionalisme di sekolah dasar. In Proceding Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNY (pp. 1-10).




DOI: https://doi.org/10.25134/empowerment.v6i02.8322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat

ISSN 2598-2052 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

 

 EMPOWERMENT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0