Pemanfaatan Media Youtube dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Guru-Guru Sekolah Menengah Pertama

Irwan Baadilla, Rr. Sulistyawati, Nur Amalia, Nini Ibrahim, Ahmad Hidayatullah

Abstract


YouTube is important as a learning media for the Indonesian language. Training on YouTube utilization is crucial for junior high school teachers to enhance their teaching abilities. Mastering YouTube as an innovative learning platform is essential for teachers, although there are still challenges in its implementation. This activity aims to improve teachers' knowledge and skills in utilizing YouTube as a medium for teaching Indonesian language. The training combines seminar methods with direct mentoring. Evaluation through a final test indicates that teachers who participated in the training successfully enhanced their understanding and abilities in utilizing YouTube for Indonesian language instruction. In conclusion, this community service activity was carried out successfully and effectively in enhancing teachers' skills, influenced by the commitment of the FKIP UHAMKA Community Service Team and the collaboration with SMP Muhammadiyah Cisalak.

YouTube penting sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Pelatihan pemanfaatan YouTube penting bagi guru-guru SMP untuk meningkatkan kemampuan mengajar. Penguasaan YouTube sebagai media pembelajaran inovatif merupakan hal penting bagi guru, namun masih terdapat kendala dalam penerapannya. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam memanfaatkan YouTube sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Kegiatan pelatihan ini menggabungkan metode seminar dan pendampingan langsung. Evaluasi melalui tes akhir menunjukkan bahwa para guru yang mengikuti pelatihan berhasil meningkatkan pemahaman dan kemampuannya dalam memanfaatkan YouTube dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Simpulannya ialah kegiatan pengmas ini berhasil dan sukses dijalankan untuk meningkatkan kemampuan guru yang dipengaruhi oleh komitmen Tim Pengmas FKIP UHAMKA dan kerjasama dengan SMP Muhammadiyah Cisalak.



Keywords


Utilization, YouTube, Learning, Indonesian Language, Teacher

Full Text:

PDF

References


Arham, M. 2020. Efektivitas Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran. Academia Education, 1-13.

Dinata, I. F. 2021. Komunikasi Pemasaran Program Livestyle Hotel Flash Sale Traveloka dalam Menarik Konsumen untuk Staycation di Era New Normal Melalui Social Media Youtube. Prologia, 5(2), 292-299.

Ningsih, A. S., & Maharani, B. H. 2019. Penegakan Hukum Hak Cipta Terhadap Pembajakan Film Secara Daring. Jurnal Meta-Yuridis, 2(1).

Lasabuda, N. E. 2018. Pengembangan Media YouTube dalam Pembelajaran Matematika (Suatu Penelitian Di SMK Kesehatan Bakti Nusantara Gorontalo). Jurnal Pascasarjana, 2(2), 270-275.

Lestari, R. 2017. Pengunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2.

Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. 2021. Potensi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok sebagai Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Daring. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(02), 425-436.

Sa'adah, S., Maryanti, S., Maspupah, M., & Mas' ud, A. 2020. Literasi Digital Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Menyusun Bahan Ajar Berbasis Audio Visual.

Suradika, A., Gunadi, A. A., & Jaya, S. A. 2020. Penggunaan YouTube sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Kelas III Sekolah Dasar Islam An-Nizomiyah. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 2020).

Saumi, N. N., Murtono, M., & Ismaya, E. A. 2021. Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 149-155.

Sistadewi, M. A. 2021. Penggunaan Media Youtube dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Masa Sekolah Tatap Muka Terbatas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(2), 186-194.

Utami, F. T., & Zanah, M. 2021. Youtube Sebagai Sumber Informasi Bagi Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 11(1), 78-84.

Yuniati, I., Suyuthi, H., & Hakim, M. 2021. Pelatihan Pemanfaatan Media Youtube Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma It Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1).

Wahdah, S. 2020. Perpustakaan Digital, Koleksi Digital dan Undang-Undang Hak Cipta. Pustaka Karya: Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 8(2), 75-84.

Yusriani, Y., Nasution, M., & Syahputra, E. 2022. Pemanfaatan Aplikasi You Tube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 215-218.).




DOI: https://doi.org/10.25134/empowerment.v6i02.8324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat

ISSN 2598-2052 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

 

 EMPOWERMENT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0