Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone terhadap Kemampuan Literasi

Dian Purwaningsih, Diyah Ayu Retnoningsih, Anjar Susanti, Tomi Tomi

Abstract


Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan media pembelajaran berbasis smartphone terhadap kemampuan literasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Aplikasi yang digunakan untuk mendukung media berbasis smartphone adalah flip pdf professional. Aplikasi ini untuk membuat flipbook/ebook  yang dapat digunakan pada smartphone. Prosedur yang akan dilakukan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan kegiatan, tahapan evaluasi. Adapun indikator keberhasilan diantaranya yaitu minimal 70% peserta mampu menggunakan smartphone sebagai media dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi. Berdasarkan observasi secara langsung, 80% peserta mampu menggunakan smartphone sebagai media dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa pelatihan media pembelajaran berbasis smartphone terhadap kemampuan literasi berjalan lancar. Kegiatan pelatihan ini telah mencapai tujuannya yaitu peserta mampu menggunakan smartphone sebagai media dalam pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan literasi.


Keywords


media pembelajaran, smartphone, kemampuan literasi

Full Text:

PDF

References


Ismanto, E., Novalia, M., & Herlandy, P. B. (2017). Pemanfaatan Smartphone Android sebagai Media Pembelajaran bagi Guru SMA Negeri 2 Kota Pekanbaru. JURNAL Untuk Mu negeRI Vol. 1 (1), 42-47.

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Annafi, M. N., Nikmatullah A, D. H., & Hidayatulloh. (2018). Pengaruh Pengguna Handphone Terhadap Prestasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol. 1 Nomor 1, 15-20.

Maknuni, J. (2020). Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19. IDEAL: Indonesian Education Administration and Leadership Journal, ISSN 2686-3596 Vol. 02 Nomor 02, 94-106.

Nirmala, S. D. (2022). Problematika Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar. PRIMARY: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 11 Nomor 2, 393-402.

Putra, A. A., Wahyuni, I. W., & Ajriyah, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Handphone Pada Siswa Sekolah Dasar. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, E-ISSN 2598-2168 Vol. 18 Nomor 1, 79-89.

Uska, M. Z., & Wirasasmita, R. H. (2018). Analisis Teknologi Smartphone Dalam Mendukung Kegiatan Akademis Di Universitas Hamzanwadi Menggunakan Technology Acceptance Model. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, e-ISSN 2549-7472 Vol. 2 Nomor 2, 103-113.




DOI: https://doi.org/10.25134/empowerment.v7i01.9351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat

ISSN 2598-2052 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

 

 EMPOWERMENT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0