PENGARUH BRAND LOYALTY, BRAND TRUST DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG PAKET DATA TRI DI SOLO RAYA

Rivaldo Yudha Bagus Saputra, Atik Lusia

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa Pengaruh Loyalitas merek, Kepercayaan merek dan Harga terhadap Keputusan pembelian ulang paket data Tri. Obyek penelitian ini adalah Pengguna Paket data Tri. Sampel pada penelitian ini didapat dengan cara menggunakan Teknik pengumpulan Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan data penelitian yang diperoleh menggunakan cara membagikan kuisioner kepada para responden yang termasuk kriteria pengguna Paket data Tri yang minimal berusia 15 tahun dan pernah melakukan pembelian minimal 2 kali dengan Paket data Tri. Data penelitian ini diolah menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Kepercayaan merek dan Harga berpengaruh terhadap Keputusan pembelian ulang Paket data Tri, sedangkan variabel Loyalitas merek tidak berpengaruh terhadap Keputusan pembelian ulang Paket data Tri. Penelitian menunjukkan bahwa variabel Loayalitas merek (X1), Kepercayaan merek (X2) dan Harga (X3) mempengaruhi Keputusan pembelian ulang Paket data Tri.


Full Text:

PDF

References


Alam, S. S., & Yasin, N. M. (2010). What factors influence online brand trust: Evidence from online tickets buyers in Malaysia. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 5(3), 78–89. https://doi.org/10.4067/S0718-18762010000300008

Alvarez, D. M., & Rubiyanti, R. N. (2021). “Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality, Dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Berulang (Studi Dilakukan Pada Konsumen Produk Eiger Di Kota Bandung).” EProceedings of Management, 8(3), 1–9.

Antaka, T., & Iklima, S. (2021). The Effect of Quality, Image and Price on Repurchase Decisions. Journal of Islamic Economic Scholar, 2(2), 85. https://doi.org/10.14421/jies.2021.2.2.85-90

Calvin, & Semuel, H. (2014). Analisa Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Economic Benefit Terhadap Niat Pembelian Polis Asuransi PT. Sequislife di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–11. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/1999

Fauzi, D. H. F., & Ali, H. (2021). Determination of Purchase and Repurchase Decisions: Product Quality and Price Analysis (Case Study on Samsung Smartphone Consumers in the City of Jakarta). Dinasti International Journal of Digital Business Management, 2(5), 794–810. https://doi.org/10.31933/dijdbm.v2i5.965

Ghazali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivarians dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghazali, I. (2018). plikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryanto, A. T. (2021). Pengguna Internet Indonesia Tembus 202,6 Juta. DetikInet. https://inet.detik.com/cyberlife/d-5407210/pengguna-internet-indonesia-tembus-2026-juta

Jalari, M., & Marimin, A. (2022). Testing Product Mix Against Brand Trust in the Digital Era 1. 03(02), 54–64.

Kustianti, D. D. N. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Kartu Seluler Telkomsel. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(1), 83–92. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i1.4709

Malhotra, N. K. (2007). Marketing Research an Applied Orientation (5th Edition). Pearson Education.

Maulana, Y., Yusuf, A. A., Dirgantari, P. D., & Hurriyati, R. (2023). Marketplace Strategic Positioning Analysis. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 15(1), 101-111.

Pratnyawan, A. (2022). Daftar Operator Seluler Terbanyak Digunakan Masyarakat Indonesia. Hitekno.Com. https://www.hitekno.com/gadget/2022/06/14/182453/daftar-operator-seluler-terbanyak-digunakan-masyarakat-indonesia

Rahayu, L. P., & Susanti, A. (2022). Pengaruh Faktor Harga, Keamanan, Kemudahan, dan Kepercayaan Terhadap Perilaku Belanja Online Dimasa Pandemi Covid-19. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(3), 538–544. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i3.1279

Riadi, M. (2020). Brand Trust (Pengertian, Indikator, Dimensi dan Faktor yang Mempengaruhi). Kajian Pustaka.Com. https://www.kajianpustaka.com/2020/08/brand-trust-kepercayaan-merek.html

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sunyoto, D. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran. CAPS.

Tekno, H. to. (2021). Paket Internet Termurah Semua OperatorNo Title. Kumparan. https://kumparan.com/how-to-tekno/paket-internet-termurah-semua-operator-1wZ6bQFErpX/full

Tiyasherlinda, G., & Novitaningtyas, I. (2021). Brand Experience, Brand Commitment, and Brand Loyalty of Xiaomi Smartphone Users in Magelang. International Journal of Marketing & Human Resource Research, 2(4), 189–196. https://doi.org/10.47747/ijmhrr.v2i4.350

Wardhani, M. K., Sudarwati, S., & Diyah PW, I. A. (2021). Keputusan Pembelian Ulang Ditinjau Dari Citra Merek, Media Iklan, dan Brand Trust Pada Produk Imboost Di Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 5(1), 224–234. https://doi.org/10.29040/jie.v5i1.1964

Yasin, A. A., & Achmad, G. N. (2021). Influence of Word of Mouth and Product Quality on Purchase Decisions and Repurchasing Interest. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(2), 410–419.




DOI: https://doi.org/10.25134/ijsm.v6i2.7900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Strategic Managementis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats