Pengaruh Kompetensi Pegawai, Komunikasi Interpersonal Dan Manajemen Pemilu Terhadap Kinerja Penyelenggara Pemilihan Umum. (Studi pada Pemilihan Umum Serentak 2019 di KPU Kabupaten Kuningan)
Abstract
Tujuan penelitian ini merupakan buat membentuk fakta empiris / model yang dapat menjelaskan mengenai Pengaruh Kompetensi Pegawai, Komunikasi Interpersonal dan Manajemen Pemilu terhadap Kinerja Penyelenggara Pemilu. Pengujian penelitian ini memakai metode ekspalanatif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan metode survai eksplanatoris, yaitu penelitian melalui pembuktian untuk menguji hipotesis hasil penelitian naratif menggunakan suatu perhitungan statistik sebagai akibatnya menghasilakn sebuah pembuktian berupa hipotesis diterima atau ditolak. di penelitian ini, peneliti melakukan penelitian di Badan Adhock Panitia Pemugutan Kecamatan (PPK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji F kompetensi pegawai, komunikasi interpersonal dan manajemen pemilu secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap Kinerja Penyelenggara Pemilu. hasil uji ini membagikan Kompetensi pegawai, komunikasi interpersonal serta manajemen pemilu berpengaruh positif terhadap kinerja penyelenggara Pemilu. Hal tersebut dapat ditinjau berasal nilai koefisien determinasi akibat pengujian yang memberikan bahwa kinerja penyelenggara Pemilu KPU dapat dipengaruhi oleh kompetensi pegawai, komunikasi interpersonal dan manajemen pemilu. Sedangkan penyebab lain sebagai epsilon dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.References
Bengin, Burhan. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Komunikasi, Ekonomi, serta Kebijakan Publik dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media.
Darmawan, E., Yusuf, F., Suseno, E., Budianto, H., & Maesyaroh, S. (2021, June). Decision support system for the selection of exemplary teachers using profile matching method. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1933, No. 1, p. 012013). IOP Publishing.
Fatmasari, D., Harjadi, D., & Hidayat, A. (2022). Analysis of Economic Improvement to Reduce Poverty in 2016-2020. Khazanah Sosial, 4(4), 757-764.
Fitriani, L. K., & Wulandari, L. (2021). Organizational Citizenship Behavior in the Construction of Islamic Boarding School: A Structural Model. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 8(1), 141-154.
Hisbih, T. A., Fitriani, L. K., & Supriatna, O. (2023). Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja Terhadap Turnover Intention Karyawan Dengan Workplace Wellbeing Sebagai Variabel Mediasi. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(03), 109-125.
Iskandar, I. (2019). Change management: Concept, application, and its relevance for higher education management. Journal Of Educational Experts (JEE), 2(1), 27-32.
Iskandar, I., Rianawati, Y., Pradja, N. S., Jumantini, E., & Mulyati, S. (2024). The Influence of Business Environment On Entrepreneurial Behavior Through Motivation and Competitive Advantage as Mediators. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, 13(1), 29-42.
James, Toby S. 2018. www.electoralmanagement.com/what-is-electoral-management/
Masruroh, R. (2017, March). The impact of modern retail Minimarket towards the continuity of traditional retail Businesses. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 180, No. 1, p. 012005). IOP Publishing.
Masruroh, R., Komarudin, M. N., & Fatimah, E. (2023). Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai Melalui Motivasi sebagai variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (Jebma), 3(1), 100-109.
Masruroh, R., Disman, D., Feniawati, A., & Maulana, Y. (2023). Peran Budaya Organisasi Dan Equal Employment Opprotunity Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen dan Akuntansi), (6), 639-651.
Maulana, Y., Komarudin, M. N., Gunawan, W. H., & Yusuf, A. A. (2022). the Influence of Fintech Digital Payment and P2P Lending on Indonesia’S Economic Growth. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(3), 2185-2195.
Maulana, Yasir, Ayus Ahmad Yusuf, Puspo Dewi Dirgantari, and Ratih Hurriyati. "Marketplace Strategic Positioning Analysis." Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah 15, no. 1 (2023): 101-111.
Mitrani, A. 1995. Manajemen sdm sesuai Kompetensi. Jakarta: Pustaka primer Grafiti.
Novianti, R. D., Sondakh, M., & Rembang, M. (2017). Komunikasi Anatarpribadi di membuat Harmonisasi. E-magazine"Acta Diurna", VI(dua), 1–15. https://media.neliti.com/media/guides/94222-id-komunikasi-antarpribadi-pada-menciptaka.pdf
Parhan. (2014). efek perangkat lunak Kebijakan Pemilu dan Manajemen Pemilu terhadap Kinerja Penyelenggara Pemilu buat Mewujudkan Kualitas Pemilu. Jurnal Publik, P-ISSN:1412-7083, E-ISSN 2579-9266, 205–218.
Patriana, E. (2014). Komunikasi Interpersonal yg Berlangsung Antara Pembimbing Kemasyarakatan serta keluarga Anak Pelaku Pidana di Bapas Surakarta. journal of Rural and improvement, lima(2), 203–214. https://jurnal.united states.identification/rural-and-improvement/article/view/852/834
Ramdhani, M. A., & Suryadi, okay. 2015. Consensus method improvement on Analytic Hierarchy procedure. worldwide convention on Quantitative Sciences and Its programs (pp. 1-10). Penang: Universiti Utara Malaysia.
Robbins, P. Stephen. (2002). Prinsip-Prinsip sikap Organisasi. Edisi Kelima. Diterjemahkan sang: Halida, S.E serta Dewi Sartika, S.S. Erlangga, Jakarta.
Setiawardi, A., & Ramdhani, M. A. (n.d.). dampak Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Pelanggan di Taman Air Panas Darajat bypass. 1–10.
Syah, B., Marnisah, L., & Zamzam, F. (2021). pengaruh Kompetensi, Kompensasi serta Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Kpu Kabupaten Banyuasin. Integritas Jurnal Manajemen Profesional (IJMPRO), 2(1), 15–26. https://doi.org/10.35908/ijmpro.v2i2.seventy six
Tika, Moh. Pabundu. 2016. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta : Bumi Aksara.
Wachyuni, W., & Gunawan, W. H.