SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMA PEGAWAI BERPRESTASI DENGAN MENGGUNAKAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (STUDI KASUS PADA KANTOR KECAMATAN KUNINGAN)

Dani Apriansyah

Abstract


Kecamatan Kuningan merupakan salah satu instansi yang terdapat di Kabupaten Kuningan. Kecamatan Kuningan selalu melakukan pengusulan Pegawai Berprestasi kepada Pemerintah Daerah. Pengusulan Pegawai Berprestasi dilakukan setiap satu tahun sekali dengan cara memilih salah satu pegawai yang bersedia untuk diusulkan sebagai Pegawai Berprestasi. Seleksi dengan cara tersebut sering didapati Pegawai Berprestasi yang diusulkan kurang layak. Hal tersebut terjadi karena proses seleksi masih menggunakan satu kriteria (prakarsa), sehingga ketika beberapa pegawai yang ada memiliki nilai yang berbeda, maka sering didapati pengambilan keputusan yang subjektif dan tidak tepat sasaran. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, maka dalam proses seleksi penerima pengusulan Pegawai Berprestasi digunakan kriteria lain seperti: kedisiplinan, kinerja dan pengabdian. Namun, dengan bertambahnya jumlah kriteria dalam proses seleksi mengakibatkan pemecahan masalah dari seleksi tersebut semakin kompleks. Alternatif solusi yang diusulkan yaitu membuat sistem pendukung keputusan menggunakan metode Simple Additive Weighting yang diharapkan dapat membantu pimpinan dalam pengambilan keputusan yang cepat, tepat sasaran dan objektif. Metode Simple Additive Weighting dipilih karena dapat membantu penyelesaian masalah pembuatan keputusan yang melibatkan banyak kriteria. Sistem tersebut dibangun dengan teknik pengembangan System Development Life Cycle model Waterfall dengan teknik pendekatan pengembangan sistem terstruktur menggunakan bahasa pemrograman PHP Hypertext Preprocessing dan DataBase Management System MySQL. Implementasi sistem tersebut menunjukan bahwa Sistem yang dibangun dapat mendukung pimpinan dalam pengambilan keputusan yang cepat, tepat sasaran dan objektif. Artinya, penerapan multi atribut (kriteria) dan Sistem Pendukung Keputusan menggunakan metode SAW pada proses pengambilan keputusan seleksi penerima Pegawai Berprestasi pada kantor Kecamatan Kuningan dapat mengurangi tingkat ketidaklayakan Pegawai yang diusulkan.
Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Seleksi Pegawai Berprestasi, Multi-Attribute Decision Making, Simple Additive Weighting

Full Text:

PDF

References


Apriansyah, D. (2015). Aplikasi Sistem Inventory dengan Menggunakan Metode First-In First-Out FIFO. Tugas Akhir Pada FKOM UNIKU. Kuningan: Tidak Dipublikasikan.

ELCOM. (2010). Seri Belajar Kilat Adobe Dreamweaver CS5. Yogyakarta: Andi.

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kuningan. (2014). Pedoman Penyusunan Skripsi dan Tugas Akhir. Kuningan: FKOM UNIKU.

Febriyati, Merlien N. (2016). Perbandingan SAW Dan Topsis Untuk Open Recruitment Warga Laboratorium Teknik Informatika Di Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal SimanteC [Online]. Vol 5(3), 10 Halaman. Tersedia: http://journal.trunojoyo.ac.id/simantec/article/download/2348/2078 [14 Juni 2017].

Hartono, J. (2005). Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Kadir, A. (2009). Dasar Perancangan & Implementasi Database Relasional. Yogyakarta: Andi.

Kusrini. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi.

Kusumadewi. (2006). Fuzzy Multi-Atrribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ladjamuddin B, Al-Bahra. (2006). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nugroho, A. (2011). Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data. Yogyakarta: Andi.

Nugroho, B. (2013). Panduan Membuat Program Toko dengan Visual Basic dan MySQL. Yogyakarta: Gava Media.

Nurul-Janah, N.A.R. (2015). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penilaian DP3 Pada Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Menggunakan Metode Perbandingan Eksponensial. Skripsi Pada FKOM UNIKU. Kuningan: Tidak Dipublikasikan.

Peraturan Bupati Kuningan. (2015). Pemberian Penghargaan Kepada Pegawai Negeri Sipil Berprestasi Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan. Kuningan: Badan Kepegawaian Daerah.

Prasetya, A. Hery. (2010). Cepat Kuasai PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi.

Pratama, F. San. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Metode SAW (Studi Kasus: SMK Ipiems Surabaya). JurnalManajemen Informatika [Online]. Vol 5(2), 143-151 (9) halaman. Tersedia: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/20412/65/article.pdf [14 Juni 2017].

Pressman, R. S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak (Ed. 7). Yogyakarta: Andi.

Sidik, B. dan Husni. (2012). Pemrograman Web dengan HTML. Bandung: Informatika.

Sutaji, D. (2012). Sistem Inventory Mini Market dengan PHP & Jquery. Yogyakarta: Lokomedia.

Wahana Komputer. (2010). PHP Source Code. Yogyakarta: Andi.

Wardiniyanti, M. (2013). Perancangan Aplikasi Perhitungan Harga Pokok Produksi dengan Menggunakan Metode JOB Order Costing di CV Eka Lingga Putra. Skripsi Pada FKOM UNIKU. Kuningan: Tidak Dipublikasikan.

Zimmermann. (1991). Fuzzy Sets Theory and Its Applications. Edisi 2. Kluwer Academic Publishers. Massachusetts.




DOI: https://doi.org/10.25134/nuansa.v12i2.1353

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.