PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH DENGAN SMARTPHONE ANDROID

Edi Junaedi, Fithri Wulandari

Abstract


SDIT Al-Istiqomah II Kota Tangerang adalah Sekolah Islam Terpadu yang terletak di Perumnas Kota Tangerang. Pelajaran huruf hijaiyah adalah salah satu pelajaran wajib bagi SDIT Al-Istiqomah, namun kurangnya guru adalah masalah utama pada SDIT Al-Istiqomah. Masalah ini memiliki dampak yang cukup besar bagi pemahaman murid dalam memahami materi di SDIT Al-Istiqomah khususnya di bidang Pembelajaran huruf hijaiyah. Setidaknya durasi guru untuk membuat murid belajar huruf hijaiyah sangat minim karena mempelajari materi harus dilakukan secara intensif. Oleh sebab itu dibutuhkannya sebuah aplikasi android untuk memudahkan murid dalam belajar huruf hijaiyah. Penelitian ini dilakukan dengan mengkombinasikan masukan dari berbagai pihak seperti dosen, narasumber, dan institusi lain. Metode dalam penelitian rancang bangun aplikasi pembelajaran huruf hijaiyah ini peneliti menggunakan model SDLC Waterfall. Yaitu metode yang digunakan adalah enam tahapan di antaranya: Sistem planing, analisis kebutuhan perangkat lunak, desain, coding, pengujian dan pemeliharaan, selain itu peneliti juga melakukan beberapa tahapan yaitu: diskusi dan koordinasi, pengumpulan data dan bahan ajar termasuk penggunaan Al-Quran, buku Iqro dan media internet, pembuatan aplikasi, diseminasi internal, publikasi ilmiah, serta pelaporan penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat menghasilkan suatu media pengajaran berbasis teknologi pembelajaran huruf hijaiyah yang interaktif dan mudah digunakan sehingga proses pembelajaran akan lebih menarik dan mudah dipahami, serta dapat mendorong lembaga pendidikan untuk memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi media pembelajaran huruf hijaiyah dengan smartphone android dan media pembelajaran yang mudah dan layak digunakan.

Full Text:

PDF

References


Wena, Made. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara, 2001.

Developer, Android. 2017. Mengenal Android Studio, https://developer.android.com/studio/intro/index, Tanggal Akses: 14 Agustus 2019.

Gng, Mr., 2016. “Pengertian Dan Tingkatan Versi Android”, http://seputarti.com/android/pengertian-dan-tingkatan-versi-android.html, Tanggal Akses: 13 Agustus 2019.

Annuri A. 2013. Panduan Tahsin Tilawah AL-Qur’an & Ilmu Tajwid. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Saputra, Dian Adriansyah. 2017. “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Makhorijul Huruf hijaiyah Berbasis Animasi”. Tesis diakses dari http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15182

Nikmah, Siti Nur. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Makharijul Huruf Hijaiyyah Berbasis Adobe Flash CS6. Diakses dari http://eprints.walisongo.ac.id/5042/1/113111142.pdf

Dharwiyanti Sri, Wahono atria Romi, Pengantar Unified Modeling Language (UML), http://www.ilmukomputer.com

Salahudin, 1986. Pengertian Audio Visual Dalam Pembelajaran, PT. Raja Grafindo. Jakarta

H. N. Subhan, Pintar Membaca Al-Quran Tanpa Guru, Jakarta, 2009 Diakses dari: http://journal.stmikglobal.ac.id/

Sukamto, dan M. Shalahuddin. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek Edisi REVISI. Bandung: Informatik.




DOI: https://doi.org/10.25134/nuansa.v15i1.3834

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.