PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMECAHKAN MASALAH SOAL CERITA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Asmad .

Abstract


Penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas melalui penerapan pendekatan inkuiri. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VI SD Negeri 1 Darma Kecamatan Darma tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur penelitian yang dilakukan pada setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Jenis data yaitu data kuantitatif yang berupa nilai hasil belajar dan data kualitatif yang berupa data hasil pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa dan performansi guru, yang pembahasannya dilatarbelakangi oleh temuan dilapangan bahwa hasil belajar matematika terutama dalam penjumlahan dan pengurangan masih rendah. tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatkan pembelajaran melalui penerapan pendekatan inkuiri, siswa kelas VI SD Negeri 1 Darma Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Media penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua Siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Darma sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian didapatkan bahwa pemanfaatan penerapan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri 1 Darma Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Hal ini dibuktikan adanya perkembangan pemahaman hasil belajar siswa  Adapun hasil yang dicapai dari setiap siklus adalah siklus 1 di kualifikasikan kurang (K) yang rata-rata skor nilai keseluruhan siswa mencapai 6,81, untuk siklus 2 di kualifikasikan sangat baik (SB) yang rata-rata skor nilai keseluruhan siswa mencapai 8,18.

 

 

Kata Kunci :  Penerapan pendekatan inkuiri, meningkatkan kemampuan siswa, Matematika.


Full Text:

PDF

References


Aswawi, Zainul, dkk (2015), Tes dan Asesmen di Sekolah Dasar, Jakarta : Universitas Terbuka

Erman Suherman, dkk (2001), Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer, Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia

Hera Lestari, dkk (2005), Pendidikan Anak di Sekolah Dasar, Jakarta : Universitas Terbuka

Julius Hambali, dkk (1995), Pendidikan Matematika, Jakarta : Universitas Terbuka

Kelompok kerja pengawas TK/SD, (2006) Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar KTSP SD Kelas VIKuningan, Dianas Pendidikan Kabupaten Kuningan

Nur Aisah, (2004), Pembelajran Matematika Dengan Pendekatan SAVE Sebagai Upaya meningkatkan Hasil Belajar Siswa : Skripsi Tidak Dipublikasikan

Ratna Wills Dahar (1989), Teori-teori Bilangan, Jakarta : Erlangga

Sirojudin, dkk (2005), Belajar Matematika Dengan orientasi Penemuan dan Pemecahan Masalah I A, Bandung : PT. Sarana Panca Karya Nusa

Suciati, dkk (2004) Belajar dan Pembelajaran 2, Jakarta : Universitas Terbuka

Supriyadi, dkk (1996) Pendidikan Matematika, Jakarta : Universitas terbuka

Syamsudin, Abin (2004) Profesi Keguruan 2, Jakarta : Universitas Terbuka

Tim Matematika (2004) Cerdas Matematika Kelas V, Jakarta : Yudistira

Udin S Winatapura, dkk (2004) Perkembangan Peserta Didik, Jakarta : Universitas Terbuka

Wardani, I.G.A.K (2004) Pemantapan Kemampuan Profesional, Jakarta : Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v4i1.1114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.