UPAYA MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS MENGGUNAKAN MODEL SETS (SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY SOSIETY) DALAM PEMBELAJARAN KONSEP DASAR IPA

Arrofa Acesta

Abstract


Literasi sains merupakan upaya menggunakan ilmu pengetahuan tentang sains, mengidentifikasi pertanyaan, menarik kesimpulan dan mengembangkan pemahaman tidak hanya dalam konsep tetapi juga dari aplikasi nyata yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains mahasiswa PGSD KIP Universitas Kuningan Dalam pembelajaran konsep dasar IPA

Dua kelas digunakan dalam penelitian ini. Kelas 1 D  dengan jumlah 37 siswa menggunakan metode pembelajaran SETS  dan kelas  1 E  dengan jumlah 36 anak menggunakan metode konvensional.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa menunjukkan perbandingan skor rata-rata peningkatan kemampuan literasi sain  mahasiswa, bahwa skor  tes awal mahamahasiswa kelas 1 D metode sets  sebesar 50.92   dari skor ideal, sedangkan  skor tes awal hasiswa kelas 1 E  metode konvensional  adalah 50.49   dari skor ideal. Hal ini menunjukkan  skor rata-rata tes awal tidak terdapat perbedaan yang begitu nyata.  Untuk skor tes akhir  kelas 1D  metode sets  78.49   dari skor ideal  sedangkan  skor  tes akhir  kelas 1 E  metode konvensional  sebesar  68.32  dari skor ideal, sedangkan untuk  N Gain peningkatan kemampuan literasi  kelas  1 D  metode sets  0.56  dari kenaikan  ideal dan  untuk kelas  1 E metode konvensional 0.36   dari kenaikan  ideal, rata-rata N Gain kelas 1 D  metode sets termasuk kategori sedang dan kelas 1E  metode konvensional termasuk kategori sedang, hal ini menggambarkan  bahwa peningkatan  kemampuan literasi   mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran  metode sets maupun metode  konvensional secara umum meningkat, tetapi jika dilihat dari angka peningkatannya  bahwa mahasiswa kelas metode sets  mengalami peningkatan  perkembagan kemampuan literasi sains  yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran metode konvensional

 

Kata Kunci  Literasi Sains, Model Pembelajaran  SETS


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta. 2002

Asih, Widi Wisudawati 2014. Metodologi Pembelajaran IPA, Bumi Aksara, Jakarta

Arifin, Zainal. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya

Binadja. 2010. Pendekatan Bervisi SETS. (online) http//www.penulislepas.com.print. diakses tanggal: 28 Pebruari 2016

Borg & Gall, 2007, Educational Research, Pearson Educational Inc. USA

Dahar, Ratna Wilis, 1989, Teori-Teori Belajar, Jakarta, Erlangga

Nusa putra, 2013, Reasearch & Developmmet, PT Rajagrafindo, Jakarta

Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan no 49 tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan tinggi

Puskur. 2007. Model Kurikulum Pendidikan yang Menerapkan Visi SETS (Science, Environment, Technology, and Society). Jakarta: Balitbang Departemen Pendidikan Nasional

Suparman Atwi, 2014, Desain Instruksional Modern, PT Erlangga Jakarta

Susetyo, Budi, 2010. Statistika Untuk Analisis data Penelitian, Bandung, PT Refika Aditama

Sutapa Panggung, 2013, Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Kinestetik Untuk Anak Prasekolah, Disertasi, Universitas Negeri Yogyakarta

Wahab.AA ( 2009) , Metode dan model model Mengajar IPS Alfaeta, Bandung

Wiranataputra, Udin S (2000) Strategi Belajar Mengajar, Universitas Terbuka Jakarta

Yeni Hendrayani, 2011. Pengaruh Pembelajaran IPA Terpadu Terhadap Pengembangan Literasi Sains siswa SMPN 3 Cimahi dan SMPN 1

Zuryani, Elzy, Literasi Sain Pendidikan, Kemenag. go.id/file di akses 13 Maret 2016




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v4i1.1115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.