MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI METODE DISKUSI DENGAN PENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM MENENTUKAN OPERASI PECAHAN PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI (Penelitikan Tindakan Kelas di SDN I Kadurama Kecamatan Ciawigebang)

Nani Suryani

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan banyaknya siswa belum memahami tentang konsep pecahan, namun siswa enggan pula mengajukan pertanyaan kepada guru, namun mereka sering terlihat saling bertanya antar siswanya.  Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Pemahaman   Siswa  Melalui Metode Diskusi dengan Penerapan Tutor Sebaya dalam Menentukan Operasi Pecahan”. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN I Kadurama Kecamatan Ciawigebang, kelas VI. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa mengenai operasi hitung pecahan meningkat. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada pra siklus 5,1 pada siklus I 6,1 serta pada siklus II 8,3. Jadi, terdapat rerata kenaikan sebesar 1,66  nilai rata – rata terendah siklus I 4 dan pada siklus II naik 6. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa termasuk kategori sangat tinggi, Penggunaan model pembelajaran Didkusi Tutor Sebaya pun sangat berguna untuk meningkatkan aktivitas siswa, karena dengan model pembelajaran ini pelajaran matematika tidak menjadi sulit dan membosankan.

 

Kunci  : operasi pecahan, metode diskusi, tutor sebaya

 


Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Mata Pelajaran Matematika; Jakarta BSNP.

Badan Standar Nasional Pendidikan (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Mata pelajaran Matematika; Jakarta BSNP.

Buku Panduan PDGK 4501 Tim FKIP. Pemantapan Kemampuan Profesional. Penerbit : Universitas Terbuka

Departemen Pendidikan Nasional (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rusffendi, E.T.(1989). Dasar-Dasar Matematika Modern. Edisi 4, Bandung ; Tarsito

Universitas Pendidikan Indonesia (2003). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Laporan Buku, Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung : Departemen Pendidikan Nasional ; Universitas Pendidikan Indonesia.

Nochi Nasution, MA dkk, 1997. Psiologi Pendidikan Jakarta. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Suryadi Muhamad, 2002. Kapita Selekta Pendidikan SD Jakarta. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Suryadi Acc, dkk, 1933. Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung PT Remaja Rosdakarya.

Widyaswara LPMP Jawa Tengah, 2006. Model Pembelajaran Matematika. Semarang LPMP Jawa Tengah.

Wardani, I.G.A.K. et. al (2007). Pemantapan Kemampuan Profesional. (Panduan). Modul PGSD 4412 ; Jakarta Universitas Terbuka.

Wardani, I.G.A.K. et. al (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Modul IDIK 4008. Jakarta :Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v4i1.1117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.