MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS MONOLOG NARRATIVE CERITA LOKAL DAN INTERNASIONAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH

Evi Octavia Nadjamoeddin

Abstract


 

Salah satu upaya dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Inggris pada Kemampuan Menulis Teks monolog narrative di sekolah adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi kelas, salah satunya adalah Model Pembelajaran Make a Match.

Model pembelajaran ini akan membantu siswa dalam membangun sikap positif terhadap pelajaran Bahasa Inggris khususnya pada Kemampuan Menulis Teks monolog narrative. Hal ini didasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan selama dua siklus dapat disimpulkan :

Pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik make a match dalam pembelajaran Bahasa Inggris Kemampuan Menulis Teks monolog narrative cerita lokal dan internationalpada siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 4 Ciawigebang , adanya peningkatan dengan prosentase kebehasilan pada siklus I: 71.25% dengan katagori keberhasilan Sedang,  meningkat pada  siklus II yaitu 93.75% dengan katagori keberhasilan  Sangat Baik

Model pembelajaran kooperatif teknik make a match telah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris Kemampuan Menulis Teks monolog narrative cerita lokal dan international pada siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 4 Ciawigebang , hal ini dengan adanya peningkatan  prosentase kebehasilan yaitu pada Siklus I hanya mencapai rata-rata: 66.67 % katagori Sedang meningkat pada  siklus II yaitu 90%., maka termasuk katagori keberhasilan  Sangat Baik.

Model pembelajaran kooperatif teknik make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris Kemampuan Menulis Teks monolog narrative cerita lokal dan international pada siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 4 Ciawigebang , hal ini dapat dilihat adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa untuk setiap siklus. Rata-rata skor hasil belajar Pra Siklus : 63.38 siklus I : 70.59 dan Siklus II : 78.24 dengan Prosentase Ketuntasan Pra Siklus : 44.12%,  siklus I : 58.82% dan Siklus II : 88.24%.

Dengan demikian Model Pembelajaran Make A Matchdapat Meningkatkan aktivitas belajar siswa dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris khususnya pada kemampuan menulis.

 

Kata Kunci;  Kemampuan Menulis, Model Pembelajaran Make A Match


Full Text:

PDF

References


Ali, Mohamad. 1993. Penelitan Kependidikan

Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Arikunto, Suharsimi., Suhardjono dan Supardi. 2009.

Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT Bumi

Djamarah, B, S. dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Ernawati.2010. Penerapan Pembelajaran Make

A Match dan Kreativitas Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas IX SMP N 1 Ngrambe Ngawi Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi.

Gunarso Susilohadi, 2008. Contextual Teaching and

Learning Bahasa Inggris: Sekolah Menengah

Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII Edisi 4/.Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran.

Jakarta: PT. Bumi Aksara

Ibrahim, M. dkk .2000. Pembelajaran Kooperatif.

Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Ibrahim, dkk. 2003. Perencanaan Pengajaran.

Jakarta: PT. Rineka Cipta

Joko Priyana, 2006, Scaffolding | English for Grade

VIII Student English for Junior High School Students English. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2008

Jumali, M. 2008. Landasan Pendidikan. Surakarta:

Muhammadiah University Press

Muhsetyo, G. 2006. Pembelajaran Bahasa Inggris

SMP. Jakarta: Universitas Terbuka

Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, C dan Solehudin.(2006) Pengukuran dan

Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Andira

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar

Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang

Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar

Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Surtikanti dan Santoso. 2008. Strategi Belajar

Mengajar. Surakarta: Muhammadiah University Press

Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning.

Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Syah, M. 2007. Psikologi Pendidikan dengan

Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Trianto, S.Pd.,M.Pd. 2007. Model-model

Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

UU No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan

Nasional.

Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif

Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara

Wardiman, Artono. 2008. e English in Focus for

Grade VIII Junior High School (SMP/MTs)/Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v4i1.1121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.