UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR LEMPAR CAKRAM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MODIFIKASI PIRING PLASTIK

Ewi Sinawati

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Lempar Cakram Dengan Menggunakan Media Modifikasi Piring Plastik , PTK Di Kelas VI SD Negeri Citapen Kab. Kuningan“ Menghasilkan Kesimpulan Sebagai Berikut : Aktivitas Siswa Selama Mengikuti Proses Pembelajaran Lempar Cakram Dengan Menggunakan Media Modifikasi Piring Plastik Di Kategorikan Aktif. Dan Setelah Dilakukan Siklus Kedua, Aktivitas Siswa Mengalami Peningkatan Keaktifan Rata-Rata Sebesar 75% . Kalau Mengacu Pada Indikator Keaktifan Siswa Maka Besaran Keaktifan Sebesar 75% Termasuk Kriteria Aktif. Aktivitas Mengajar Guru Pada Siklus Pertama Mencapai Tingkat Pencapaian 95%, Sedangkan Pada Siklus Kedua Setelah Melakukan Treatment Pada Proses Pembelajaran, Aktivitas Guru Mencapai 100%. Ini Berarti Ada Kenaikan Aktivitas Guru Sebesar 5%, Sehingga Rata-Rata Aktivitas Guru Pada Dua Siklus Mencapai 97,5%. Mengacu Pada Indikator Aktivitas Guru , Besaran Angka 97,5% Termasuk Kriteria Sangat Aktif. Rata-Rata Ketuntasan Belajar Untuk Aspek Awalan Mencapai 97,5% Putra Dan Putri Mencapai 75%. Mengacu Pada Indikator Hasil Belajar Siswa Pada Tabel 1, Persentase Tersebut Menunjukan Bahwa Pembelajaran Awalan Pada Lempar Cakram Dengan Menggunakan Media Modifikasi Piring Plastik, Berkategori Sangat Efektif Untuk Putra Dan Efektif Untuk Putri. Rata-Rata Ketuntasan Belajar Untuk Aspek Cara Melempar Mencapai 85% Putra Dan Putri Mencapai 70%. Mengacu Pada Indikator Hasil Belajar Siswa Pada Tabel 1, Persentase Tersebut Menunjukan Bahwa Pembelajaran Cara Melempar Pada Lempar Cakram Dengan Menggunakan Media Modifikasi Piring Plastik, Berkategori Sangat Efektif Untuk Putra Dan Efektif Untuk Putri. Rata-Rata Ketuntasan Belajar Untuk Aspek Sikap Akhir Mencapai 85% Putra Dan Putri Mencapai 72,5%. Mengacu Pada Indikator Hasil Belajar Siswa Pada Tabel 1, Persentase Tersebut Menunjukan Bahwa Pembelajaran Sikap Akhir Pada Lempar Cakram Dengan Menggunakan Media Modifikasi Piring Plastik, Berkategori Sangat Efektif Untuk Putra Dan Efektif Untuk Putri. Keempat, Respon Siswa Mengacu Pada Indikator Respon Siswa, Maka Rata-Rata Tingkat Respon Siswa 85%, Mempunyai Kriteria Sangat Puas.
Kata Kunci: Efektivitas Belajar Lempar Cakram, Media Modifikasi Piring Plastik

Full Text:

PDF

References


Sudrajat, Ahkmad (2007). Media Pembelajaran.

Artikel.Http://Ahkmadsudrajat.Wordpress.Co m/Bahan-Ajar/Media-Pembelajaran/

Surya, Mohamad (2004). Psikologi Pembelajaran & Pengajaran. Bandung. Pustaka Bani Quraisy.

Rivai, H Veithzal ( ) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Belajar Mahasiswa




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v3i2.1165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.