UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TEMA 2 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VSD NEGERI 2 BOJONG SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2014/2015

mulyaningsih .

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa tema 2 peristiwa dalam kehidupan manusia melalui problem based learning. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas V SD Negeri 2 Bojong, dengan jumlah siswa 19 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa teknik tes, dan teknik non tes. Kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan hasil belajar. Hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus I mengalami peningkatan, yaitu dari 2 orang (10,53%) yang mendapat nilai tuntas menjadi 5 orang (26,32%), dan meningkat lagi menjadi 18 orang (94,74%) pada siklus II. Perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas pada Tema 2 Peristiwa Dalam Kehidupan dengan metode Problem Based Learning (PBL) telah dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga tujuan perbaikan tercapai dengan optimal. Penggunaan metode metode Problem Based Learning (PBL) terbukti sangat membantu peningkatan hasil belajar siswa hal ini dikarenakan kelebihan penggunaan metode metode Problem Based Learning (PBL). Dengan menggunakan pendekatan PBL ini, siswa akan bekerja secara kooperatif dalam kumpulan untuk menyelesaikan masalah sebenarnya dan yang paling penting membina kemahiran untuk menjadi siswa yang belajar secara sendiri
Kata Kunci: Hasil belajar, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Jumitasari. 2009. Dunia pendidikan: sumber daya alam http://sarijumitasari.blogspot.co m/2012/06/ips-kelas-4-sdsemester-1.html

Singletary, JP. 2000. Sound Ecology "Strudent aplly problem based learning to environmental question. The Science Teacher.

Mulyasa. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya

Masidjo, 2002. Penilaian Pencapaian Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

Saptono, Sigit. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Semarang: UNNES

H.S. Barrows. 1982. A Taxonomy of Problem BasedLlearning Methods. Medical Education.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v3i2.1176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.