Abstract
Prestasi belajar merupakan tolak ukur keberhasilan dalam pembelajaran, melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. PTK yang berjudul “ Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI Materi Kisah Nabi Ibrahim AS dengan Menggunakan Model Pembelajaran EnquiryDiscovery Learning“ memuat rumusan masalah sebagai berikut : 1. Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI materi Kisah Nabi Ibrahim AS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Enquiry-Discovery Learning ?, 2. Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran EnquiryDiscovery Learning dalam pembelajaran PAI materi Kisah Nabi Ibrahim AS, 3. Bagaimana prestasi hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI materi Kisah nabi Ibrahim AS setelah digunakan Model Pembelajaran Enquiry-Discovery Learning?. Data yang diperlukan penulis peroleh melalui penelitian dengan cara melakukan tindakan kelas dan wawancara dengan guru observer. Setelah dianalisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: A. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Kisah nabi Ibrahim AS , B. Perencanaan pembelajaran PAI materi Kisah nabi Ibrahim AS dengan menggunakan Model Pembelajaran Enquiry-Discovery Learning yaitu mempersiapkan media yang diperlukan dalam pembelajaran tersebut, C. Menerapkan Model Pembelajaran Enquiry-Discovery Learning dalam proses pembelajaran PAI materi Kisah nabi Ibrahim AS. Pembelajaran dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dibahas Kisah nabi Ibrahim AS dengan menggunakan media cerita bergambar kisah Nabi Ibrahim AS. Siklus II sebagai perbaikan dari siklus I dengan lebih menambah penggunaan alat peraga memutar film kartun kisah nabi Ibrahim AS pada layar lebar infokus dalam proses pembelajaran model EnquiryDiscovery Learning. Hipotesa teruji kebenarannnya yang mengasumsikan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Kisah Nabi Ibrahim AS meningkat setelah dilakukan pembelajaran dengan merapkan model pembelajaran Enquiry-Discovery Learning.
Kata Kunci: Prestasi Belajar, Enquiry-Discovery Learning
References
Pedoman Pendidikan Agama Islam Pada SD , 1986. Departemen Agama RI
Pupuh Fathurrahman, 2001, Strategi Belajar Mengajar, Penerbit: Tunas Nusantara. Bandung.
Sudikin dkk, 2010, Manajemen penelitian tindakan kelas, Pt. Insan Cendekia.
Kisah teladan 25 Nabi dan Rasul. MB. Rahimsyah. Penerbit: Amelia Surabaya.
Badan Standar Nasional Pendidikan 2008, Kurikulun Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah, Depdiknas Jakarta.
Badan Standar Nasional Pendidikan 2007, Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Di Sekolah Dasar dan Menengah, CV. Mini Jaya Abadi. Jakarta.
Badan Standar Nasional Pendidikan 2006, Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, Depdiknas Jakarta.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, CV. Mini Jaya Abadi. Jakarta.
.