UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN POLA GERAK DASAR MANIPULATIF MELALUI METODE PERMAINAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 PURWAWINANGUN

Diah Nuratin

Abstract


Abdullah, Arma. Dan Agus Manaji, 1994. Dasar – Dasar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depertemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Ahiri dan Hafid, 2011. Evaluasi Pembelajaran dalam Konteks KTSP. Bandung: Humaniora
Aip Syarifudin, 1992. Atletik. Jakarta: Depertemen Penelitian dan Kebudayan.
Bustami, 2011. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Jakarta : Erlangga.
Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas, 2003. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI. (Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan). Jakarta : Depdiknas
Eddy Purnomo, 2007. Dasar – Dasar Gerak Atletik. Yogyakarta: Alfamedia
Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan Volume03 No 01 Mei 2016
Hibama S Rahman, 2002. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Galah.
Husdarta dan Saputra, 2010. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabet
Isnaini dan Suranto, 2010. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPTK
Kosasih Djahiri, 1992. Dasar-Dasar Metodologi Pengajaran. Bandung : Jurusan PMPKN. Lab PMPKN. FPIPS IKIP.
Mashar, Ali, M., 2010. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan XI.
Muhajir, 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Yudistira
Nadisah, 1992. Pengembangan Kurikulum Pendidikan jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud
Nasir Rosyidi, 1983. Pedoman Olahraga. Solo: Tiga Serangkai
Rusli Ibrahim, 2000. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Rusli Lutan, 1998. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Penjaskes. Jakarta: Depdikbud
Suherman, 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.
Sukintaka, dkk., 2000. Permainan dan Metodik untuk SGO . Bandung: Remaja Karya Offset.
Suryosubroto, 2004. Manejemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka. Cipta
Tedjasaputra, Maykes, 2007. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta : Grasindo
Undang, Gunawan, 2008. Teknik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Sayagatama.
Yoyo Bahagia, 2011. Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk SD. Bandung : UPI

Full Text:

PDF

References


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam

pembalajaran pola gerak manipulatif melalui metode bermain pada siswa kelas III SD Negeri

Purwawinangun. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Penelitian Tindakan Kelas merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk

berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki keadaan yang tidak/ kurang

memuasakan dan atau untuk meningkatkan mutu pelajaran di kelas. Penelitian Tindakan

Kelas merupakan kegiatan yang langsung berhubungan dengna tugas guru/ praktisi di

lapangan. Singkatnya Penelitian Tindakan Kelas merupakan penelitian praktis yang bertujuan

untuk memperbaiki praktik pembelajaran yang ada.

Hasil rekapitulasi diatas menunjukkan bahwa dari 37 siswa yang hadir terdapat 21

siswa atau 57,6% belajar secara aktif, 9 siswa atau 24,2% belajar kurang aktif sedangkan

sisanya 7 siswa atau 18,2% belajar tidak aktif. Hal ini ditunjang dengan hasil pengamatan

terhadap aktifitas siswa yang mengalami peningkatan yang signifikan dimana aktifitas belajar

siswa dari 37 siswa yang hadir terdapat 27 siswa atau 75,8% belajar secara aktif, 7 siswa atau

,2% belajar kurang aktif sedangkan sisanya 3 siswa atau 6,0% belajar tidak aktif.

Kata Kunci: Keaktifan Siswa, Pola Gerak Dasar Manipulatif, Metode Permainan




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v3i1.1183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.