Upaya Meningkatkan Kemampuan Memahami Mendeskripsikan Benda Melalui Program Remedial Oleh Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Supardi Supardi

Abstract


Dalam pengajaran disekolah pun khususnya pengajaran Bahasa Indonesia guru senantiasa berusaha agar siswa tidak mengalami kesulitan dalam memahami konsep bahsa Indonesia yaitu mendeskripsikan benda, namun dalam kenyataannya masih banyak siswa yang tidak bisa memahami konsep bahasa Indonesia tentang mendeskripsikan benda sebagaimana yang diharapkan oleh guru. Hal ini sejalan dengan pendapat K. Goodman tentang konsep keterampilan materi pelajaran yang dapat dilihat dari dua segi, yaitu : keterpaduan antara materi bahasa dalam pembelajaran bahasa itu sendiri dan keterpaduan antara pembelajaran bahasa dengan materi pembelajaran mata pelajaran lain.
Dalam pengajaran disekolah pun khususnya pengajaran Bahasa Indonesia guru senantiasa berusaha agar siswa tidak mengalami kesulitan dalam memahami konsep bahsa Indonesia yaitu mendeskripsikan benda, namun dalam kenyataannya masih banyak siswa yang tidak bisa memahami konsep bahasa Indonesia tentang mendeskripsikan benda sebagaimana yang diharapkan oleh guru.

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi Evaluasi

Pendidikan. Jakarta Bima

Aksara

Djamarah Syaiful Bahri. 1997,

Strategi Belajar Mengajar

Jakarta Rineka Cipta.

Ishack. 1982 Program Remedial

dalani Proses Belajar

Mengajar. Liberty

Yogyakarta

Kuntjaraningrat. 1986. Metode

metode Penelitian

Masyarakat. Jakarta Remaja

Karya.

Siahaan Bistok. 1986. Pengajaran

Remedial dan Pengajaran

Bahasa Indonesia. Universitas

Terbuka Jakarta.

Suke Silverius. 1991. Hasil Belajar

dan Umpan Balik. Jakarta.

Gramedia.

Suwandi. 1986. Materi Pokok

Bahasa Indonesia Universitas

Terbuka Jakarta.

Suryobroto. 1986. Mengenal Metode

Pengajaran di Sekolah dan

Pendekatan Terbuka dalam

Proses Belajar Mengajar.

Yogyakarta.

Warkitri. 1990. Penelitian

Pencapaian Hasil Belajar.

Universitas Terbuka Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v3i1.1191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.