MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE NHT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMAHAMAN KONSEP MATERI KEPENDUDUKAN DI KELAS VIII H SMPN 3 KUNINGAN

N Maemunah

Abstract


Latarbelakang penelitian ini adalah kurangnya penguasaan pemahaman siswa dalam matapelajaran PKN khususnya materi kependudukan. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran NHT dapat meningkatkan pemahaman konsep materi Kependudukan  dikelas VIII H SMPN 3 Kuningan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan instrumen penelitian berupa observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe NHT dapat meningkatkan pemahaman konsep materi Kependudkan dikelas VIII H SMPN 3 Kuningan.Hal tersebut berdasarkan data  meningkatnya pada siklus ke – 1 diperoleh nilai rata – rata 74,95, dan ketuntasan belajar sebesar 68,57 %. Berdasarkan indicator keberhasilan perolehan tersebut termasuk kategori berhasil.Pada siklus ke – 2 diperoleh nilai rata – rata 80,87 Berdasarkan indikator keberhasilan perolehan tersebut termasuk kategori sangat berhasil,sedangkan ketuntasan belajar dicapai sebesar 84,62 % termasuk kategori sangat berhasil.

 

Kata Kunci : Kooperatif Learning Tipe NHT, Pemahaman Konsep, Kependudukan

 



Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, DKK. 2009.Guru Profesional: Menguasai Metode dan Terampil Mengajar

Bandung: Alfabeta.

Dananjaya, Utomo.2012.Media Pembelajaran Aktif .Bandung: Nuansa. Mustakim,

Zaenal. 2009.Strategi Dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: STAIN Press. Riyanto,

Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran:Sebagai Referensi Bagi Guru/Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif dan BerkualitasJakarta: Kencana.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Semua Materi IPS SMP Kelas 8 dapat dilihat di : Rangkuman Materi Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas VIII.

Semua Materi IPS SMP Kelas 8 dapat dilihat di : Rangkuman Materi Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas VIII




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v5i1.1580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.