PENGGUNAAN PENDEKATAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TENTANG MATERI GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IX I SMP NEGERI 3 KUNINGAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa yang hnaya sekitar 40 % siswa yang dapat mecapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Tentang Materi Globalisasi Pada Siswa Kelas IX I SMP Negeri 3 Kuningan Tahun 2015 dengan menggunakan Pendekatan Kooperatif Learning Tipe Stad dapat meningkat. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Kuningan sebanyak 39 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas sebanyakduaputaran. Setiapputaranterdiridariempattahapyaitu: rancangan, kegiatandanpengamatan, refleksi, danrefisi. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan instrumen penelitian berupa observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwapenggunaan pendekatan kooperatif learning TIPE STADdapat meningkatkan pemahaman konsep tentang materi globalisasi pada siswa kelas IX I SMP Negeri 3 Kuningan Tahun 2015. Hal ini terlihat dari sikluske – 1 diperolehnilai rata – rata sebesar 73,18 danketuntasabelajarsebesar 43,59 %, berdasarkan indicator keberhasilanperolehantersebuttermasukpadakategoriberhasil.Padasikluske – 2 diperolehnilai rata – rata sebsesar 80,82. Berdasarkan indicator keberhasilanperolehantersebuttermasukkategorisangatberhasil, sedangkanketuntasanbelajardicapai 84,62%. Termasukkategorisangatberhasil.
Kata Kunci : Kooperatif Learning Tipe STAD, Pemahaman Konsep, Globalisasi
Full Text:
PDFReferences
Sunendar, Tatang. 2007. PenelitianTindakanKelasMakalahDisajikanpada Work Shop Guru PPKnProvinsiJawaBaat.DepdiknasDirjen PMPTK LPMP Jawa Barat.
Tim PengembangKurikulum SMPN 3 Kuningan 2015.Kurikulum SMPN 3 KuninganDokumen 2.Kuningan : SMPN 3 Kuningan.
Alma, Buchari, DKK. 2009.GuruProfesional: MenguasaiMetodedanTerampilMengajar. Bandung: Alfabeta.
Dananjaya, Utomo.2012.Media PembelajaranAktif.Bandung: Nuansa.
Mustakim, Zaenal. 2009.Strategi Dan MetodePembelajaran. Pekalongan: STAIN Press.
Riyanto, Yatim. 2010. ParadigmaBaruPembelajaran:SebagaiReferensiBagi Guru/PendidikDalamImplementasiPembelajaran Yang Jakarta: Kencana.
Rusman. 2011.Model-Model Pembelajaran: MengembangkanProfesionalisme Guru. Jakarta: Raja GrafindoPersada.
DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v5i1.1582
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.