PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AKTIF MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PjBL) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA SASTRA INDONESIA DI KELAS RENDAH

Marlina Eliyanti

Abstract


Konsep pembelajaran aktif berkembang setelah sejumlah institusi melakukan riset tentang lamanya ingatan siswa terhadap materi pembelajaran terkait dengan metode pembelajaran yang dipergunakan. Hasil riset dari National Training Laboratories di Bethel, Maine (1954), Amerika Serikat menunjukkan bahwa dalam kelompok pembelajaran berbasis guru (teacher-centered learning) mulai dari ceramah, tugas membaca, presentasi guru dengan audiovisual dan bahkan demonstrasi oleh guru, siswa hanya dapat mengingat materi pembelajaran maksimal sebesar 30%. Dalam pembelajaran dengan metode diskusi yang tidak didominasi guru (bukan diskusi kelas, whole class discussion, dan guru sebagai pemimpin diskusi), siswa dapat mengingat sebanyak 50%. Jika para siswa diberi kesempatan melakukan sesuatu (doing something) mereka dapat mengingat 75%. Praktik pembelajaran belajar dengan cara mengajar (learning by teaching) menyebabkan mereka mampu mengingat sebanyak 90% materi. Secara sederhana pembelajaran berbasis proyek didefinisikan sebagai suatu pengajaran yang mencoba mengaitkan antara teknologi dengan masalah kehidupan sehari-hari yang akrab dengan siswa, atau dengan suatu proyek sekolah/universitas.

 

Kata kunci: Pembelajaran aktif, Pembelajaran Berbasis Proyek

 

 

 

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Aroson, Elliot. 2011. Jigsaw in 10 Easy Steps, Jigsaw Classroom Web Site @2000-2011 Social Psychology Network.

Aroson, Elliot, N.Blaney, C.Stephin, J.Sikes and M.Snapp. 1978. The Jigsaw Classroom. Beverly Hills: Sage Publishing Company.

Dananjaya, Utomo. 2012. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Penerbit Nuansa.

Grant, Michael M. 2002. Getting A Grip on project Based Learning: Theory, Cases, and Recommendations. Meridian a Middle Scchool Computer Technologies Journal, Vol.5 Issue 1, Winter 2002.

Han, Seungyeon and Kakali Bhattcharya. 2011. Constructionisme, Learning by Design, and Project Based Learning. Georgia: University of Georgia.

Houghton Mifflin Company,t.t. 2003. Project-Based Learning.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Sawyer, R.K. 2006. Computer-Supported Collaborative Learning. Cambridge: Cambridge University Press.

Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutrisno, Leo. 1994. Pengajaran dengan Pendekatan Tradisi Konstruktivisme, Makalah.Surabaya: IKIP Surabaya.

Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wassid, Iskandar dan Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Rosdakarya.

Wena, Made. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v5i1.1586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.