UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA KELAS II SDN UNGGULAN MELALUI METODE FULL INCLUSION

Aisah Aisah

Abstract


Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan metode Inklusi Penuh (Full Inclusion) dalam mata pelajaran Matematika Kelas II SD N Unggulan Kuningan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 2 siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, serta revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas II A. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan hasil observasi kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan rata-rata nilai dari siklus 1 sampai siklus 2 yaitu, siklus 1 adalah 66 %, dan siklus 2 adalah 95 %. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa ABK, ditemukan bahwa semua siswa ABK mengalami peningkatan hasil belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemakaian metode pembelajaran Full Inclusion memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan minat belajar siswa ABK.
Kata Kunci: Full Inclusion, ABK, Minat Belajar, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. (1998). Didaktik metodik. Semarang: CV. Toha Putra.

Baihaqi & Sugiarmin. (2006). Memahami dan membantu anak ADHD. Bandung: PT. Refika Aditama.

Buchari. (1985). Psikologi pendidikan. Jakarta. Aksara Baru.

Gie. (1995). Cara belajar yang efisien. Yogyakarta: Liberti.

Hallahan, Daniel P., dkk. (2009). Exceptional learners: an introduction to special education. Boston: Pearson Education Inc.

Hardjana. (1994). Kiat sukses di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Kanisius.

Kartono, K. (1995). Bimbingan belajar di SMU dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Loekmono. (1994). Belajar bagaimana belajar. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.

Slameto. (1995). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarmono. (1994). Tuntunan metodologi belajar. Jakarta: Grasindo.

Wardani, I.G.A.K., Julaeha, S., & Marsinah N. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i1.1887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.