UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI PAJAMBON KECAMATAN KRAMATMULYA KABUPATEN KUNINGAN

Aih Hayati

Abstract


Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah untuk mengetahui meningkatnya prestasi belajar matematika pada aspek bilangan pecahan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat peraga pada siswa kelas IV A SD Negeri Pajambon Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan tahun pelajaran 2017/2018. Bentuk penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang dilaksanakan dalam dua siklus perbaikan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Negeri Pajambon Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan tahun 2017 pada pelajaran Matematika dengan jumlah populasi siswa sebanyak 23 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan berupa: (a) perencanaan tindakan; (b) pelaksanaan tindakan; (c) pengamatan tindakan; dan (d) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata 48,70 dari pra siklus, 55,7 pada siklus 1 pertemuan 1, 62,6 pada siklus 1 pertemuan 2 dan 72,6 pada siklus 2 pertemuan 1, 81,7 pada siklus 2 pertemuan 2. Sementara dari prosesntasi ketuntasan terjadi peningkatan dari 26 % pada pertemuan 1 Siklus I, menjadi 43% pada pertemuan 2 Siklus 1, Menjadi 78% pada petemuan 1 Siklus II dan menjadi 87% pada pertemuan 2. Dari data hasil diatas maka nilai dan ketuntasan selalu mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Sehingga dapat disimpukan sebagai berikut: melalui alat peraga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kelas IV A SD Negeri Pajambon Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan Tahun pelajaran 2017/2018.
Kata kunci: Prestasi Belajar, Alat Peraga


Full Text:

PDF

References


Hera lestari Mikarsa, dkk. (2007). Pendidikan anak di SD tentang teori-teori belajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mulya Sumantri, dkk. (2007). Perkembangan peserta didik. Jakarta:Universitas Terbuka.

Nurdin, dkk. (1999). Matematika untuk SD Kelas IV. Bandung: Rosdakarya.

Nur Fajariyah dan Defi Triratnawati. (2008). Cerdas berhitung matematika. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2008 tentang Penetapan Buku Teks Pelajaran Matematika.

Suciati, dkk. (2007).Belajar dan pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka.

UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: DPR RI.

Wardani,,I. G. A. K., dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : Universitas Terbuka

http://www.zonareferensi.com/pengertian-belajar/

http://www.definisipengertian.com/2015/definisi-dan-pengertian-mengajar.html

http://metodepembelajaran10.blogspot.com/2017/01/pengertian-dan-pola-pikir-kurikulum-2013.html




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i1.1895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.