EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK MENULIS EKSPRESIF DALAM MEREDUKSI STRES SISWA KELAS X SMA
Abstract
Stres merupakan fenomena umum yang biasa ditemukan dalam kehidupan individu, sayangnya stres dapat berubah menjadi negatif. Pada siswa kelas X, stres banyak disebabkan oleh tuntutan untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya dan penyesuaian diri sebagai remaja. Bila tidak ditangani, berbagai macam masalah tersebut akan mengganggu pengembangan potensi siswa. Oleh sebab itu, konselor sekolah perlu merumuskan rencana bantuan bagi siswa untuk dapat mereduksi stres. Salah satu teknik terapi yang dapat digunakan adalah teknik menulis ekspresif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknik menulis ekspresif dalam mereduksi stres siswa kelas X. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X SMA Angkasa LANUD Husein Sastranegara Tahun Ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research) yang dilakukan dalam suatu siklus yang terdiri dari observasi awal, rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi.
Hasil penelitian menggambarkan bahwa: (1) tingkat stres siswa kelas X dalam satu kelas berbeda-beda sesuai dengan kemampuan penyesuaian diri dan keterampilan coping stresnya. Kategori tingkat stres tinggi pada siswa terlihat dari banyaknya gejala yang dirasakan pada aspek fisik, perilaku, pikiran, dan emosi, (2) teknik menulis ekspresif yang digunakan untuk membantu siswa terbukti efektif dalam mereduksi stres siswa, hal ini terlihat dari penurunan tingkat gejala stres siswa.
Kata Kunci : PTK (Penelitian Tindakan kelas), Stress, Penelitian Tindakan, Teknik Menulis Ekspresif
References
Ahmadi, Abu. (2003). Psikologi Umum. Jakarta : Rineka Cipta.
Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung : Rosda
Froggatt., Wayne. (2006). Free From Stress. Jakarta : BIP.
Gupta., M.K (2008). Kiat Mengendalikan Pikiran dan Bebas Stres. Jakarta : Gramedia.
Juntika Nurihsan, Achmad. (2006). Bimbingan & Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung : Refika Aditama.
Juntika Nurihsan., Achmad. (2002). Pengantar Bimbingan dan Konseling. Bandung : UPI.
Kartono, Kartini. (1990). Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung : Mandar Maju.
Kartono, Kartini dan Dali Guli. (2003). Kamus Psikologi. Bandung : Pionir Jaya.
Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa, Firman dkk (2006). Model Konseling Life Skills Untuk Mengembangkan Keterampilan Mahasiswa Dalam Mengelola Stres. Bandung : Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Tidak Diterbitkan
Khalida., P. (2008). Kotak Curhat (Jawaban Buat Semua Masalahmu). Jakarta : Gagasmedia.
Herdiana., A., dkk. (2007). Written. Makalah PPB UPI : Tidak diterbitkan.
Lazarus., Richard S. (1969). The Pattern Of Adjustment. Jepang : McGraw-Hill Kogakusuka.
Pennebeker, J. (1997). “Writing About Emotional Experiences As A Therapeutic Processâ€. Psychological Science Journal. 8, (3), 162.
Ratri (2006,September). e-BinaAnak. Membimbing Murid Yang Mengalami Stres. [Online]. Tersedia:http://www.google.com.html[15 Oktober 2008]
Riduwan. (2008). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta.
Rusmana., Nandang (2008). Bimbingan dan Konseling Kelompok Di Sekolah. Bandung : UPI.
Natalia., M.M. (2007). Program BK Berbasis Neuro Linguistic Programing Untuk Menanggulangi Gejala Stres Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi PPB UPI : Tidak Diterbitkan.
Syamsudin Makmun., Abin. (2007). Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda.
Sudjana, N. dan Ibrahim. (2004). Penelitian dan Penelitian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Sugiono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Supriatna., Mamat. (2009). The Counseling For Children And Adolescents. Bandung : UPI.
Syaodih Sukmadinata, Nana (2004). Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Bandung : Rosda.
Syaodih Sukmadinata, Nana. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : Rosda.
Tasmin, Martina R. S. (2002). Perceraian dan Kesiapan Mental Anak. [Online]. Tersedia:http://www.e-psikologi.com.html[19 Oktober 2008]
Yusuf, Syamsu. (2004). Mental Hygiene. Bandung : Bani Quraisy.
Yusuf, Syamsu. (2009). Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Bandung : Rizqi.
Wiriaatmadja., Rochiati. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Rosda.
------------.(2007, 18 Nopember). 120 Soal untuk Ujian Nasional SD. Sinar Indonesia Baru [Online]. Tersedia:http://www.google.co.id.html[17 Oktober 2008]
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.