HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR IPA

Dhina Maylani Rusdha, Ika Lestari, Amalia Sapriati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan konsep diri dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA siswa. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 di SDN wilayah Kemayoran Jakarta Pusat. Sampel diambil dengan tehnik proporsional random sampling. Hipotesis Penelitian diuji dengan analisis korelasi dan regresi. Sebelumnya dilakukan uji data dengan uji normalitas, uji homoginitas, uji linieritas, uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas sebagai prasyarat. Hasil Penelitian menyimpulkan, yakni (1) diperoleh hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar IPA dengan nilai R sebesar 0,258 dengan nilai R square sebesar 0,081. (2) diperoleh hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA dengan nilai R sebesar 0,479 dengan nilai R square sebesar 0,229 (3) diperoleh hubungan antara konsep diri dan kemampuan berpikir kritis secara serentak dengan hasil belajar IPA dengan nilai R sebesar 0,492 dengan nilai R square 0,242. Dengan demikian, dapat disimpulkan yakni hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis pilihan (Ha) yang berbunyi diperoleh hubungan yang signifikan antara konsep diri dan kemampuan berfikir kritis secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SD di wilayah Kemayoran Jakarta Pusat diterima.

References


Abidin, Y. (2015). Pembelajaran multiliterasi: sebuah jawaban atas tantangan pendidikan abad Ke-21 dalam konteks keindonesiaan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaaan, 18(4), 412–426.

Ahmad, D. N. (2015). Pengaruh kemampuan berpikir kritik dan konsep diri terhadap prestasi belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Barus, E. M., Restuati, M., & Gultom, T. (2019). Hubungan konsep diri dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X Mia pada mata pelajaran Biologi program lintas minat. JIFI (Jurnal Ilmiah Farmasi Imelda), 2(2), 75.

Desmita, D. (2014). Psikologi perkembangan siswa panduan bagi orang tua dan guru dalam memahami psikologi anak usia SD, SMP, dan SMA. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ennis, R. H. (2001). Critical thinking assessment, theory into practice. Journal of Marketing Education, 32, 139–186.

Gusmawati, G., Taufik, T., & Ifdil, I. (2016). Kondisi self disclosure mahasiswa bimbingan dan konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(2), 92–97.

Hamdi, M. (2016). Teori kepribadian, sebuah pengantar (1st ed.). Bandung: Alfabeta.

Kiling, B. N., & Kiling, I. Y. (2015). Tinjauan konsep diri dan dimensinya pada anak dalam masa kanak-kanak akhir. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(2), 116–124.

Lestari, S., Mursali, S., & Royani, I. (2018). Pengaruh model pembelajaran langsung berbasis praktikum terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 6(1), 67–79. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/bjib.v6i1.2367

Magfirah, I., Rahman, U., & Sulasteri, S. (2015). Pengaruh konsep diri dan kebiasaan belajar terhadap hasil‎ belajar matematika siswa kelas viii smp negeri 6 Bontomatene‎ kepulauan Selayar. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(1), 103–116.

Muhammad, Z. (2016). Guided inquiry based learning on the concept of ecosystem toward learning outcomes and critical thinking skills of high school students. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 6(6 Ver VIII), 50–55. www.iosrjournals.org

Mulyeni, T., Jamaris, M., & Supriyati, Y. (2019). Improving basic science process skills through inquiry-based approach in learning science for early elementary students. Journal of Turkish Science Education, 16(2), 187–201.

Nur Kumala, F. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. In Infografika (1st ed.). Ediide Infografika. https://repository.unikama.ac.id/691/1/PEMBELAJARAN IPA SD.pdf

Nurhasanah, N., Hernawati, D., & Ardiansyah, R. (2021). Hubungan konsep diri dengan kemampuan berpikir kritis siswa konsep ekosistem. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 9(1), 51–58.

Nurhikmayati, I., & Jatisunda, M. G. (2018). Scientific Learning to Improve Critical Thinking Ability. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 7(2), 1–10.

OECD. (2020). PISA 2018 Results (Volume VI): Are students ready to thrive in an interconnected world? (VI). Organisation for Economic Co-operation and Development OECD. https://www.oecd.org/publications/pisa-2018-results-volume-vi-d5f68679-en.htm

Putra, P. D. A., & Sudarti, S. (2015). Pengembangan sistem e-learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pendidikan fisika. Jurnal Fisika Indonesia UGM, XIX(55), 45–48. https://media.neliti.com/media/publications/80773-ID-pengembangan-sistem-e-learning-untuk-men.pdf

Putri, R. I. I., & Zulkardi, Z. (2018). Higher-order thinking skill problem on data representation in primary school: A case study. Journal of Physics: Conference Series, 948(1), 12056. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/948/1/012056/pdf

Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan berpikir kritis dan konsep diri dengan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287–298.

Rohmat, A. N., & Lestari, W. (2019). Pengaruh konsep diri dan percaya diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 73–84.

Siang, J. L., Sukardjo, M., Salenussa, B. J. M., Sudrajat, Y., & Khasanah, U. (2020). Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar IPA siswa SMP. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 40–52.

Simbolon, E. R., & Tapilouw, F. S. (2015). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran kontekstual terhadap berpikir kritis siswa SMP. Edusains, 7(1), 97–104.

Sujarweni, V. W. (2014). Metode penelitian: Lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Pustaka Baru Press.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123.

Wahyu, N. (2017). Profil konsep diri siswa yang terlibat tawuran antar pelajar di Kelas XI SMK Negeri 8 Padang. STKIP PGRI Sumatera Barat. http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1337

Zubaidah, S., Corebima, A. D., & Mistianah, M. (2015). Asesmen berpikir kritis terintegrasi tes essay. Prosiding Symposium on Biology Education (Symbion), 200–209. https://drive.google.com/file/d/0B4keDkb86kWpd0xRTjFlYVBjcEE/view?resourcekey=0-tzfaJeA4a9jODotJmP9iPA

Zulkarnain, Z., Andayani, Y., & Hadisaputra, S. (2019). Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran Preparing Dong Concluding. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 96–100.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v9i1.4766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.