UPAYA MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS MENGGUNAKAN MODEL SETS (SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY SOSIETY) DALAM PEMBELAJARAN KONSEP DASAR IPA

Arrofa Acesta

Abstract


ABSTRAK
Literasi sains merupakan upaya menggunakan ilmu pengetahuan tentang sains,
mengidentifikasi pertanyaan, menarik kesimpulan dan mengembangkan
pemahaman tidak hanya dalam konsep tetapi juga dari aplikasi nyata yang ditemui
dalam kehidupan sehari-hari.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan
kemampuan literasi sains mahasiswa PGSD KIP Universitas Kuningan Dalam
pembelajaran konsep dasar IPA
Dua kelas digunakan dalam penelitian ini. Kelas 1 D dengan jumlah 37 siswa
menggunakan metode pembelajaran SETS dan kelas 1 E dengan jumlah 36 anak
menggunakan metode konvensional.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa menunjukkan perbandingan skor rata-rata
peningkatan kemampuan literasi sain mahasiswa, bahwa skor tes awal
mahamahasiswa kelas 1 D metode sets sebesar 50.92 dari skor ideal, sedangkan
skor tes awal hasiswa kelas 1 E metode konvensional adalah 50.49 dari skor ideal.
Hal ini menunjukkan skor rata-rata tes awal tidak terdapat perbedaan yang begitu
nyata. Untuk skor tes akhir kelas 1D metode sets 78.49 dari skor ideal sedangkan
skor tes akhir kelas 1 E metode konvensional sebesar 68.32 dari skor ideal,
sedangkan untuk N Gain peningkatan kemampuan literasi kelas 1 D metode sets
0.56 dari kenaikan ideal dan untuk kelas 1 E metode konvensional 0.36 dari
kenaikan ideal, rata-rata N Gain kelas 1 D metode sets termasuk kategori sedang
dan kelas 1E metode konvensional termasuk kategori sedang, hal ini
menggambarkan bahwa peningkatan kemampuan literasi mahasiswa setelah
mengikuti pembelajaran metode sets maupun metode konvensional secara umum
meningkat, tetapi jika dilihat dari angka peningkatannya bahwa mahasiswa kelas
metode sets mengalami peningkatan perkembagan kemampuan literasi sains yang
lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran metode konvensional
Kata Kunci Literasi Sains, Model Pembelajaran SETS

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. Prosedur

Penelitian : Suatu Pendekatan

Praktek. Jakarta : PT. Rineka

Cipta. 2002

Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan

Volume 04 No 01 Mei 2017

Asih, Widi Wisudawati 2014.

Metodologi Pembelajaran

IPA, Bumi Aksara, Jakarta

Arifin, Zainal. (2011). Evaluasi

Pembelajaran. Bandung: PT.

Remaja. Rosdakarya

Binadja. 2010. Pendekatan Bervisi

SETS. (online)

http//www.penulislepas.com.

print. diakses tanggal: 28

Pebruari 2016

Borg & Gall, 2007, Educational

Research, Pearson

Educational Inc. USA

Dahar, Ratna Wilis, 1989, Teori-

Teori Belajar, Jakarta,

Erlangga

Nusa putra, 2013, Reasearch &

Developmmet, PT

Rajagrafindo, Jakarta

Peraturan menteri pendidikan dan

kebudayaan no 49 tahun 2014

tentang standar nasional

pendidikan tinggi

Puskur. 2007. Model Kurikulum

Pendidikan yang Menerapkan

Visi SETS (Science,

Environment, Technology,

and Society). Jakarta:

Balitbang Departemen

Pendidikan Nasional

Suparman Atwi, 2014, Desain

Instruksional Modern, PT

Erlangga Jakarta

Susetyo, Budi, 2010. Statistika Untuk

Analisis data Penelitian,

Bandung, PT Refika Aditama

Sutapa Panggung, 2013,

Pengembangan Model

Pembelajaran Pendidikan

Jasmani Berbasis Kinestetik

Untuk Anak Prasekolah,

Disertasi, Universitas Negeri

Yogyakarta

Wahab.AA ( 2009) , Metode dan

model model Mengajar IPS

Alfaeta, Bandung

Wiranataputra, Udin S (2000)

Strategi Belajar Mengajar,

Universitas Terbuka Jakarta

Yeni Hendrayani, 2011. Pengaruh

Pembelajaran IPA Terpadu

Terhadap Pengembangan

Literasi Sains siswa SMPN 3

Cimahi dan SMPN 1

Zuryani, Elzy, Literasi Sain

Pendidikan, Kemenag.

go.id/file di akses 13 Maret




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v4i1.496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.