HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN STRES KERJA DENGAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 4 SUNGAI PENUH

Seprianto Seprianto

Abstract


Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui 1) Hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja guru di SMP Negeri 4 Sungai Penuh 2) Hubungan antara Stres Kerja dengan Kinerja Guru di SMP 4 Sungai Penuh 3) Hubungan antara motivasi kerja dan stres kerja dengan kinerja guru di SMP Negeri 4 Sungai Penuh. Metode   penelitian   yang   digunakan   adalah   penelitian   kuantitatif  dengan Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan korelasional, sedangkan sampel penelitian ini adalah Semua Guru di SMP 4 Sungai Penuh sebanyak 58 orang, Metode pengumpulan data  pada penelitian ini menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja guru di SMP Negeri 4 Sungai Penuh. (2) terdapat hubungan antara stres kerja dengan kinerja guru di SMP Negeri 4 Sungai Penuh dan (3) terdapat hubungan antara motivasi kerja dan stres kerja secara bersama dengan kinerja guru di SMP Negeri 4 Sungai Penuh.

Kata kunci:  Motivasi Kerja, Stres Kerja, Kinerja Guru


References


Arikunto, Suharsimi. (2005). Prosedur Pendidikan, Bandung : Pustaka Setia

Ayu, Sri Prasetiyoningsih. (2014). Hubungan Antara Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Dengan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Kecamatan Bendosari Kabuoaten Suharjo, Jurnal 3 (1)

Burhanuddin. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Raja Grafindo Perdasa,

Luh, Emiliana Damayanthi. (2015). Hubungan Antara Stress Kerja Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Karyawan. Jurnal Persona, Jurnal Psikologi Indonesia 4(01)

Mulyasa. (2007). Menjadi Guru Profesional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya

Nasrudin, Endin. (2010). Psikologi Manajemen, Bandung: CV. Pustaka Setia

Riduwan. (2009). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula Bandung:Alfabeta

Ruseffendi, E.T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksata Lainnya. Bandung: Tarsito

Siswanto. (2005). Pengantar Manjemen, Bandung: Bumi Aksara

Sudaryono. (2017). Pengntar Manajemen, Teori dan Kasus. Yogyakarta: CAPS

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Sulaiman, Ahmad. (2018). Hubungan antara motivasi kerja dan stres kerja dengan Kinerja guru di ponpes MTs swasta Darul Qur’an dusun 1 Desa Bandar Klippa Kecamatan Percut Sei Tuan. Skripsi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Surapranata, Sumarna. (2009). Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004, Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Uno, B. Hamzah. (2006). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta : Bumi Aksara

Wahyu, Cyndu Jatmiko. (2015). Pengaruh Stres Kerja, Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pendidik Study Kasus Di Guru Sd Negeri Kecamatan Ngrampal Sragen. Jurnal Vol 2 Nomor 1

Wibowo. (2013). Perilaku Dalam Organisasi, Jakarta: Rajawali Pers

Wulansari, Widya dan Ade Parlaungan Nasution. (2016). Pengaruh Disiplin Kerja, Stres Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Dan Staff Sdn 006. Jurnal 2 (2)

Yunus, Falah. (2017). Hubungan Antara Stres Kerja Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru SMK Negeri Di Kota Samarinda. Jurnal Vol.2 Nomor 3.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v9i2.6514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.