Penerapan Pembelajaran Kontrutivistik Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Alat Indera Penglihatan (Mata) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Iv

Arrofa Acesta

Abstract


Abstrak

Permasalahan utama dan mendasar pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDN 4 Jalaksana dalam pokok alat indera penglihatan pada mata pelajaran IPA. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokokbahasan Alat Indera Penglihatan melalui penerapan pendekatan konstruktivisme di kelas IV SDN 4 Jalaksana. .Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua sikius. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan dilaksanakan dalam 4 tahap. yaitu perencanaan. pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Jumlah siswa di dalam kelas 18 orang anak terdiri dari 10 laki- lakidan 8 perempuan. Dari hasil tes sikius I siswa tuntas pada pertemuan 1 sebanyak 8 orang dan pertemuan 2 sebanyak 10 orang dari 18 siswa, dengan skor rata-rata 63,3 dan 67,7 dengan ketuntasan klasika 144,4 % dan 55,6%. Sedangkan pada sikius 11 siswa yang tuntas pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 sebanyak 15 dan 18 orang dari 18 siswa dengan skor rata-rata 88.9 dan 92.8 dengan ketuntasan klasikal 83,3 % dan l00%. Berdasarkan kriteria keberhasilan tindakan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Alat Indera Penglihatan di kelas IVSDN 4 Jalaksana.

Kata Kunci: Pendekatan Konstruktivisme, Hasil Belajar, Alat Indra Penglihatan


References


Karli,H.danYuliariatiningsih,

M.S.(2004). Implementasi Kurikulum Berbasis

Kompetensi. Bandung: Bina Media Informasi.

Latri.(2004). Pembelajaran Volume Kubus dan Balok Secara konstruktivis dengan Menggunakan Alat Peraga di Kelas V 5D Negeri 10 Watampone. Tesis Pasca Saijana pada FIP UNM Malang: Tidak diterbitkan.

Trianto.(Z007). ivlociel Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta Prestasi Pustaka.

-.(2007). Model-model

Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Jakarta Prestasi Pustaka.

Wardani. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: ' PT Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v3i1.880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter