PENERAPAN PENDEKATAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 RAGAWACANA

  • Siti Rodiah SDN 2 Ragawacana

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran IPA di SDN 2 Ragawacana. Jenis  penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus.  Hasil penelitian pada siklus 1 adalah Hasil tes evaluasi Siklus I pertemuan 1 memperoleh rata-rata kelas sebesar 59,42, prosentase ketuntasan sebesar 25,71%, sedangakan pada pertemuan 2 rata-rata kelas sebesar 67,71 dan prosentase ketuntasan sebesar 62,85%.  Sedangkan untuk siklus ke 2 Hasil penelitian  pada siklus II pertemuan 1, diperoleh  rata-rata kelas sebesar  72,57 dengan prosentase ketuntasan sebesar 68,57%, pada pertemuan 2 rata-rata kelas sebesar 85,45 dengan prosentase ketuntasan sebesar 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan  interaktif dapat meningkatkan prestasi belajar.

 

Kata Kunci: Pendekatan Interaktif, Prestasi Belaja

References

Djamarah dan Aswan Zain, 2006. Strategi Belajar Mengajar ,Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kunandar. 2007. Guru Profesional. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sudjana dan Ahmad Rivai.2007. Teknologi Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, Prof., Suhardjono, Prof., Supardi, Prof., 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, Cet. VI

Published
2018-12-31
Section
Articles