PENERAPAN PENDEKATAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 RAGAWACANA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran IPA di SDN 2 Ragawacana. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Hasil penelitian pada siklus 1 adalah Hasil tes evaluasi Siklus I pertemuan 1 memperoleh rata-rata kelas sebesar 59,42, prosentase ketuntasan sebesar 25,71%, sedangakan pada pertemuan 2 rata-rata kelas sebesar 67,71 dan prosentase ketuntasan sebesar 62,85%. Sedangkan untuk siklus ke 2 Hasil penelitian pada siklus II pertemuan 1, diperoleh rata-rata kelas sebesar 72,57 dengan prosentase ketuntasan sebesar 68,57%, pada pertemuan 2 rata-rata kelas sebesar 85,45 dengan prosentase ketuntasan sebesar 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan interaktif dapat meningkatkan prestasi belajar.
Kata Kunci: Pendekatan Interaktif, Prestasi Belaja
References
Djamarah dan Aswan Zain, 2006. Strategi Belajar Mengajar ,Jakarta: PT Rineka Cipta.
Kunandar. 2007. Guru Profesional. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sudjana dan Ahmad Rivai.2007. Teknologi Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Suharsimi Arikunto, Prof., Suhardjono, Prof., Supardi, Prof., 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, Cet. VI
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.