PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS HOTS PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SD

  • Arlina Dwi Anggita Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Encep Andriana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nana Hendracipta Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran merupakan proses untuk mendorong minat, kebutuhan, dan keinginan peserta didik dalam memperoleh pengetahuan baru. Studi ini bermaksud untuk memahami bagaimana pengembangan modul berbasis HOTS di tingkat sekolah dasar. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan, efektivitas, dan tanggapan siswa terhadap modul pembelajaran berbasis HOTS. Studi ini memanfaatkan metode penelitian pengembangan, juga dikenal sebagai R&D. Latar dalam studi ini yaitu berada di SDN Sempu, tepatnya terletak di Kampung Teluk Bako Desa Mangkunegara, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang Banten dengan SK Pendirian pada 01 Januari 1910. Metode R&D yang direncanakan mengacu pada model desain pengembangan yang mencakup sepuluh tahapan, yakni analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, perancangan produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba penggunaan, revisi produk, dan tahap produksi. Dari kesepuluh desain pengembangan tersebut peneliti menggunakan enam desain pengembangan yang meliputi analisis masalah, pengumpulan data, perancangan produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan beberapa jenis angket, termasuk angket validasi dari ahli desain, ahli materi, ahli bahasa, dan tanggapan dari peserta didik. Hasil penelitian dari data yang terkumpul menunjukkan bahwa pengembangan modul berbasis HOTS ini layak digunakan di sekolah dasar dan mendapatkan respons yang baik, juga dapat dijadikan rujukan bahan ajar untuk peserta didik. Selain itu, ini juga bisa menjadi alternatif bagi guru untuk mempersiapkan materi ajar yang tepat, meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran.

Kata kunci: Pengembangan; Modul; HOTS

References

Andriana, E., Hendracipta, N., VY, I. A., & Nurlela, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Sdn Gunungcupu 1 Pandeglang. Journal of Professional Elementary Education, 1(2), 92-98.

Andriana, E., Rokmanah, S., & Aprilia, L. (2023). Analisis tingkat konsentrasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran di sd negeri tembong 2. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 7(1), 1-5.

Andriana, E., Rokmanah, S., & Fitriyanani, N. K. (2023). STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK SD NEGERI BABAKAN TIGARAKSA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 6129-6139.

Data, A. (2014). Teknik Pengumpulan Data. Jurnal Pendidikan Mipa Susunan Redaksi, 4(2), 11.

Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan pembelajaran berbasis HOTS (higher order thinking skill) di sekolah dasar kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1-11.

Fatimah, S. (2013). Pembelajaran fisika dengan pendekatan problem based learning (pbl) menggunakan modul dan buletin ditinjau dari kemampuan verbal dan motivasi berprestasi siswa (Penelitian Eksperimen Siswa Kelas XI Materi Pembelajaran Gerak Getaran di SMA Negeri 1 Sida (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Hidayat, Y. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARANSEJARAH DI KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 RAMBIPUJI TAHUN AJARAN 2015/2016.

Manaf, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Modul. KASTA: Jurnal Ilmu Sosial, Hukum, Agama, Budaya dan Terapan, 2(3), 139-147.

Maydiantoro, A. (2021). Model-model penelitian pengembangan (research and development). Jurnal pengembangan profesi pendidik indonesia (JPPPI).

Mulyatiningsih, E. (2015). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Uny Press.

Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23-33.

Ngalim Purwanto. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosdakarya.

Prasetyo, I. (2012). Teknik analisis data dalam research and development. Jurusan PLS FIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran berbasis hots edisi revisi: higher order thinking skills (Vol. 1). Tira Smart.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published
2024-11-30
Section
Articles