IMPLEMENTASI TEORI KONSTRUKTIVISME DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BERBASIS PEMBELAJARAN DIFERENSIASI DAN GAMIFIKASI

  • Yenny Yuliati Universitas Terbuka

Abstrak

Pembelajaran yang berlandaskan pendekatan konstruktivisme merupakan pembelajaran yang berfokus pada siswa. Strategi peningkatan motivasi belajar siswa, terutama di sekolah dasar dapat dilakukan melalui pembelajaran diferensiasi dan gamifikasi. Pembelajaran diferensiasi berfokus pada memaksimalkan potensi setiap siswa, dengan mengenali bahwa mereka memiliki keunikan dalam cara belajar. Sementara gamifikasi sebagai sarana pendukung implementasi teori belajar ini yang mampu membuat proses belajar menjadi lebih menarik dan memotivasi siswa untuk lebih aktif berpartisipasi. Mini riset ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh informasi implementasi teori belajar konstruktivisme dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SD berbasis pembelajaran diferensiasi dan gamifikasi. Subjek penelitian adalah siswa di kelas 6 (enam) SDN Cangkuang 10, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. Terdapat 32 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui paper test dalam bentuk pertanyaan terbuka. Mini riset ini menunjukkan adanya dampak positif dari implementasi teori belajar konstruktivisme berbasis pembelajaran diferensiasi dan gamifikasi terhadap motivasi belajar siswa SD.

Referensi

Arifianti,Ulfah. 2020. Project Baed-Learning dalam Pembelajaran IPA. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Ergusni. 2021. Pemikiran Konstruktivistik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar.Sumatera Barat

Feida Noorlaila Isti’adah. 2020. Teori-teori Belajar Dalam pendidikan -Google Books. Edite by Permana Rahmat. Tasikmalaya: Edu Publisher

Fitri, Yunela. 2020. Implementasi Penerapan Teori Konstruktivisme Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Workshop Inovasi Pembelajaran di Sekolah Dasar. V3(4) 1300-1305. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Halim, P. 2019. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: LP3M. Universitas Muhamadiyah Yogyakarta

Hidayat, N, Khotimah, H. 2019. Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar. V2 (1) 10-15. http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda

Muis, Muhamad Sri Danga dan Andi abdul. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Edited by Ammaludin. Makasar:Sibuku

Pandi, dkk. 2022. Implemetasi Teori Belajar Konstruktivisme bagi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah. Journal of Christian Education. V2(1) 15-29. https://ojs.sttrealbatam.ac.id/index.php/didache/index

Sagala, Syaiful. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta

Sardiman, A.M,. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sri Mulyani, S. 2023. Menggunakan Teknik Gamifikasi untuk Meningkatkan Pembelajaran dan Keterlbatan Siswa di Kelas. EDUCARE: Jurnal Pendidikan dan Kesehatan, V1(1), 29-25

Tabrani. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Tomlinson, Carol Ann. 2017. “The Rationale for Diferentiating Instruction In Acaemically Diverse Classroom.” DIFFERENTIATE INSTRUCTION: In Academically Diverse Classrooms 12-18.

Valentianna, C. R., Kurnianti, E. M., & Hasanah, V. 2024. Media Belajar Gamifikasi terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basic edu. V8(3), 1722-1732

Wormeli, Rick. 2017. Fair Isn’t Always Equal: Assesing & Grading in the Differentiated Classroom. Stenhouse Publishers.

Diterbitkan
2024-11-30
Bagian
Articles