PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LITERASI SAINS PADA ORGAN PERNAPASAN HEWAN DAN MANUSIA
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar modul untuk meningkatkan litersi sains pada siswa. Metode penelitian ini adalah Research And Development (R&D). Model dalam penelitian ini dengan menggunakan model ADDIE pada materi organ pernapasan hewan dan manusia. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan dua analisis data diantaranya analisis data kuantitatif dan analisis dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahan ajar modul mendapatkan penilaian dari validator ahli materi dengan persentase 75%, penilaian dari validator ahli bahan ajar dengan persentase 86.3%, dan penilaian validasi guru adalah dengan persentase 84,7%. Sedangkan hasil penilain praktikalitas dari 5 guru adalah penilaian yang diberikan oleh S-1 dengan persentas 91,1%, lalu penilaian yang diberikan oleh S-2 dengan persentase 83,8%, selanjutnya penilaian yang diberikan oleh S-3 dengan persentase 88,2%, sedangkan penilaian yang diberikan oleh S-4 dengan persentase 82,3%, dan yang terakhir penilaian dari S-5 dengan persentase 83,8%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar modul telah masuk dalam kriteria sangat layak atau sangat praktis dalam meningkatkan literasi sains pada peserta didik dengan persentase di antara 75%-100%.Referensi
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Cahyadi R. A. H ( 2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. EDUCATION JOURNAL. 3(1): 35-43.
Delfita R, Haviz M, Nurhasnah & Ulva Khaira R. (2018). Pengembangan Modul Sistem Pencernaan Makanan Berbasis Literasi Sians Kelas VIII MTsN Padad=ng Japang. Natural Science Jurnal. 4(1): 480-491. Maret 2018.
Fajriyah & Sasmita, (2018). Pengembangan Modul Berbasis Quantum Learning Tema Ekosistem Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika. 8(2): 163-170.
Harta, Indris, (2014). PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika. 9(2): 161-174. Desember.
Mustikasari, (2018). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Siswa SMP Materi Tekanan Zat dan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Pembelajaran Sains. 2(2). Desember 2018
Narut, F. Y & Supardi Kanisius. (2019). Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar. 10(1): 61-89.
Pratiwi, Indah (2019). Efek Program PISA Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 4(1): 51-71.
Setiyani, Ferry F. & Sofy S. (2017). Desains Pembelajaran Berbasis Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa. KALAMATIKA.2(2):177-192.
Sirate S, Fatimah Sitti & Ramadhana. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Jurnal Inspiratif Pendidikan IV(2): 316-335. Desember 2017.
Sudijono, Anas, (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:PT Rajagrafindo Persada.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methids). Bandung:Alfabeta.
Trisiana, Anita., & Wartoyo (2016). Desain pengebangan model pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui model untuk meningkatkan karakteristik mahasiswa di universitas slamet riyadi Surakarta. PKn Progresif, 11 (1). Juni.
Wati, R., Lesmono, A., & Prastowo, S. (2019). Pengembangan modul fisika interaktif berbasis hots (high order thinking skill) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa sma pada pokok bahasan suhu dan kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(3), 202-207. doi:10.19184/jpf.v8i3.15225
Yulia, Yuyu. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala. 3(2): 21-28. Edisi Juli 2017.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.