Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Di Kelas V
Abstrak
The purpose of this study is to see the student's learning self-reliance relationship with the students' ability to understand mathematical concepts. The type of this research is correlation study with quantitative approach. Research population is the fifth grade student of SDN 7 singkawang. The sampling technique in this study is a tedium sampling technique. The sample in this study is all of the fifth grade student in SDN 7 singkawang consist of student in Class V a and Vb . Total of student are 47 students. The data-gathering techniques in this study are based on questionaire techniques and measurement techniques, which involve using students' learning self-reliance questionaire and test students' mathematical concepts abilities in space materials. The technique of data analyzing is the spearman rank correlation. Research shows that, 1) a student's learning level of self-reliance is improved on the basis of a student's rate percentage percentage with an average of 63.4. 2) the level of ability to understand the concept of mathematicians is inproved with a high average of 14.6. 3) there is a corelation between student learning self-reliance and students' 3.02 student mathematical ability, with a 0.41 correlation value and a compound coefficiencies of 1681%. So based on the research that has been done there is a corelation between learning self-reliance and the ability to understand student mathematics concepts.
Keywords : self-reliance learn, the ability to understand concepts, build space
Referensi
Arnidha, Y. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Bangun Datar. Jpgmi, 3(1), 53–61.
Astuti, E. (2016). Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP/ MTs Di Kecamatan Prembun. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi.
Desmita. (2015). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya.
Hadiputri, & Dkk. (2019). Hubungan Self Regulation (Kemandirian Belajar) Dengan Pemahaman Matematis Siswa Pada Kelas V Sekolah Dasar Di Jakarta.
Isa, M. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tuaterhadap Pemahaman Konsep Matematika (Survey Pada SMANegeri Kota Tangerang Selatan). Jurnal Pendidikan MIPA, 1(3). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/8248
Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum Sekolah Menengah Pertama. Kemendikbud.
Mujiman, H. (2011). Manajemen Pelatihan Berbasis Mandiri. Mitra Cendekia.
NCTM. (2000). Principles And Standards For School Mathematics. VA. NCTM.
Pujiati, P., Kanzunnudin, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDN 3 Gemulung Pada Materi Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2278
Umar, R. (2013). Student Mathematic Daya After Learning Contextual Based Cooperative. Jurnal Daya Matematis, 1(2), 205. https://doi.org/10.26858/jds.v1i2.3574
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.