KEANEKARAGAMAN BURUNG PADA ZONA PENYANGGA TAMAN NASIONAL GUNUNG CIREMAI

Cucu Nurmaeti, Zaenal Abidin, Agus Prianto

Abstract


Penelitian tentang keanekaragaman burung pada zona penyangga Taman Nasional gunung Ciremai ini bertujuan mengetahui keanekaragaman burung, dan hubungan vegetasi tumbuhan dengan keankeragaman burung  pada zona penyangga  taman nasional gunung ciremai. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2017 bertempat di Kebun Raya Kuningan. Pengambilan data sampel dilakukan sebanyak 4 kali pengulangan  dengan waktu pengamatan yaitu pagi 06.00-09.00 WIB dan sore 16.00-18.00 WIB. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dengan metode pengambilan data yaitu metode IPA (Index Ponctualle de’Abondance). Data yang diperoleh dihitung dengan menggunakan indeks keanekaragaman Shannon-Wiener dan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 14 Famili dan 22 spesies burung, dan berdasarkan hasil analisis uji regresi linier sederhana menunjukan bahwa tumbuhan berpengaruh terhadap keanekargaman burung di Kebun Raya Kuningan.

Kata Kunci : Burung, Zona penyangga, Taman Nasional Gunung Ciremai


Full Text:

PDF

References


Alikodra, H. S. 2002. Dasar-Dasar Pembinaan Marga Satwa. Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Bishop JA, WL Myers. 2005. Associations between avian functional guild response and regional landscape properties for conservation planning. Ecological Indicators 5:33-48.

Bismark, M. dan Reny Sawitri. 2007. Pengembangan Dan Pengelolaan Daerah Penyangga Kawasan Konservasi. Prosiding Ekspose Hasil-Hasil Penelitian. Vol. IV No. 5 : 467-483, 2007

Fachrul, Melati Ferianita. 2007. Metode Sampling Bioekologi. Jakarta : Bumi Aksara.

Hadinoto, Mulyadi, A., Siregar, YI. 2012. Keanekaragaman Jenis Burung Di Hutan Kota Pekanbaru. Jurnal lingkungan,6 (1): 25-42.

MacKinnon J, Phillips K, Van Balen B. 2010. Seri Panduan Lapangan Burung-Burung Di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan. Bogor : Birdlife International-Indonesia Program-Pusat Penelitian dan Pengembangan Biologi LIPI.

Nugroho, Mikhael Satrio et.al. 2013. Keanekaragaman Jenis Burung Pada Areal Dongi-Dongi Di Kawasan Taman Nasional Lore Lindu. Volume 1, Nomor 1

Rusmendro, H. 2009. Perbandingan Keanekaragaman Burung Pada Pagi Dan Sore Hari di Empat Tipe Habitat Di wilayah Pangandaran, Jawa Barat. VIS VITALIS, Vol. 02 No. 1.

Sawitri, R et.al. 2007. Habitat Dan Populasi Burung Di Taman Nasional Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan. Pusat Litbang Hutan dan Konservasi Alam

Syafrudin, D. 2011. Keanekaragaman Jenis Burung Pada Beberapa Tipe Habitat di Tambling Wildlife Nature Conservation (Twnc), Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Lampung [Skripsi]. Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Tamnge, Fadila. 2013. Keanekaragaman Jenis Burung Pada Beberapa Tipe Habitat Di Pulau Ternate [skripsi]. Bogor : Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor.

Whitten, Tony et.al. 1996. Ekologi Jawa Dan Bali. Jakarta: Prenhallindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.