PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN ALAT PERAGA SEDERHANA TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF

Uum Masitoh, Ondi Suganda, Rahma Widiantie

Abstract


Proses pembelajaran yang tidak bervariasi menyebabkan siswa kurang mengembangkan keterampilan berpikirnya terutama kesadaran metakognitifnya. Akibatnya siswa kesulitan dalam memahami konsep yang diajarkan padahal proses pembelajaran dihubungkan dengan masalah nyata dan sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan alat peraga sederhana terhadap kemampuan metakognitif siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan sampel yang digunakan sebanyak 62 siswa yang diambil secara acak menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Only Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan Metacognitive Awareness Inventory (MAI) dan tes uraian kemampuan kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara siswa kelas eksperimen pada hasil tes MAI dengan menggunakan model discovery learning dengan alat peraga sederhana. Kesadaran metakognitif siswa kelas eksperimen dikategorikan sangat baik dan siswa kelas kontrol hasilnya kategori baik. Hasil uji t menunjukan adanya perbedaan yang signifikan kemampuan kognitif siswa antara siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model discovery learning dengan alat peraga sederhana. Penerapan model pembelajaran discovery learning dengan alat peraga sederhana berpengaruh terhadap kemampuan metakognitif siswa

Keywords


alat peraga; sederhana; kemampuan; metakognitif; discovery learning.

Full Text:

PDF

References


Cahyani, M. Rizki, dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas X MIA SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi [online]. Tersedi: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bio/article/download/7365/5139 [Diakses 16 Desember 2016]

Hadyzah, Elys. 2012. Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA PGRI 1 Punggur Melalui Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry). Bioedukasi [online]. Tersedia:http://fkip.ummetro.ac.id/journal/index.php/biologi/article/view/262 [Diakses 16 Juli 2017]

Lestari, H Nur. 2016. Hubungan Antara Pengetahuan Metakognitif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas X [Skripsi] Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Kuningan. Kuningan. (Tidak dipublikasikan)

Mailiana, Fina. 2015. Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X di SMA Negeri 1 Cibingbin [Skripsi] Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Kuningan. Kuningan. (Tidak dipublikasikan)

ORLC News. 2004. Metacognition [online] Tersedia:http:www.literacy.kent.edu/ohioeff/resource.doc [18 Januari 2017]

Rahma Widiantie, Handayani Handayani. 2018. Kesadaran Metakognisi Dan Keterampilan Memecahkan Masalah Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Penugasan Individu [online]. Jurnal Quagga vol 10 No.1 Januari 2018. Tersedia : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/article/view/872 (diakses tanggal 3 januari 2017)

Wahjudi, Eko. 2015. Penerapan Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX-I di SMP Negeri 1 Kalianget. Jurnal Lensa [online]. Tersedia: http://lensa.fkipunija.org/article/penerapan-discovery-learning-dalam-pembelajaran-ipa-sebagai-upaya-untuk-meningkatkan-hasil-belajarsiswa-kelas-ix-i-di-smp-negeri-1-kalianget/ [Diakses 21 Februari 2017]

Windasari, Cut dkk. 2016. Pengaruh Model Guide Discovery Terhadap Kesadaran Metakognitif Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Di Mas Babun Najah Banda Aceh [online]. Jurnal Biotik Vol.4 No.1 April 2016. Tersedia : http://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/biotik/article/view/1072/842 (diakses tanggal 3 januari 2017)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Quagga : Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.