PENERAPAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 CIAWIGEBANG

Ofi Shofiyatun Marhamah, Ilah Nurlaelah, Ina Setiawati

Abstract


 

Latar belakang dari penelitian ini adalah kurang terlatihnya kemampuan argumentasi siswa, hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan guru tentang model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berargumentasi. Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran yang berimplikasi pada kemampuan berargumentasi siswa. Salah satu model yang menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi adalah model pembelajaran Argument-Driven Inquiry(ADI). Keterampilan berargumentasi berperan penting dalam membangun suatu eksplanasi, model dan teori dari suatu konsep yang dipelajari, dengan melatih keterampilan berargumentasi berarti melatih kemampuan kognitif dan afektif yang dapat digunakan untuk membantu memahami konsep-konsep dalam biologi.  Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Ciawigebang tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 9 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu kelas X 4 sebagai kelas eksperimen dan X 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dengan tes uraian, metode observasi  (asesmen kinerja argumentasi dan lembar observasi ADI) angket dan dokumentasi. Uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik parametrik dalam hal ini untuk uji hipotesis peningkatan menggunakan uji t didapatkan p < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang artinya penerapan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI)dapat meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa pada konsep Pencemaran Lingungan di kelas X SMA Negeri 1 Ciawigebang.


Full Text:

PDF

References


Andriani, Y. dan Riandi. 2015. Perbandingan Aktifitas Siswa dan Guru dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry dan Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran IPA Terpadu Kelas VII.Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015) 8 dan 9 Juni 2015, Bandung, Indonesia. (Online). Tersedia : http://portal.fi.itb.ac.id/snips2015/files/snips_2015_yuli_andriani_73c72f488e2992f4d2c0053237fa705e.pdf. Diakses 15 Februari 2016.

Andriani, Y. dan Riandi. 2015. Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa Melalui Pembelajaran Argument Driven Inquiry pada Pembelajaran IPA Terpadu Di SMP Kelas VII. Research Artikel EDUSAINS, 7 (2), 2015, 114-120. (Online). Tersedia : http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains. Diakses 20 Mei 2016.

Budiyono, A., Rusdiana, D., Ida. S.K. 2015. Pembelajaran Argument Based Science Inquiry (ABSI) Pada Fisika. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015) 8 dan 9 Juni 2015, Bandung, Indonesia. (online). Tersedia : http://portal.fi.itb.ac.id/snips2015/files/snips_2015_agus_budiyono_a67e404f84e598481cbb5716d3dcd735.pdf. Diakses 17 Februari 2016.

Demircioglu, T. & Ucar, S. 2015. Investigating the Effect of Argument-Driven Inquiry in Laboratory Instruction. Educational Sciences: Theory & Practice,2015, 15(1), 267-283. (Online). Tersedia : http://www.estp.com.tr. Diakses 23 Mei 2016.

Karisan, D & Mustafa, S. 2016. “Contents Exploring the Preservice Science Teachers’ Written Argumentation Skills: the Global Climate Change Issue”. International Journal of Environmental & Science Education, 2016, 11(6), 1347-1363. (Online). Tersedia : https://www.google.com/search?q=Contents+Exploring+the+Preservice+Science+Teachers%E2%80%99+Written+Argumentation+Skills%3A+the+Global+Climate+Change+Issue&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b. Diakses 18 Mei 2016.

Keraf, Gorys. 2010. Agumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mutia, S.A.M. 2015. “Pembelajaran IPA Terpadu Pencemaran Lingkungan Dengan Argument-Driven Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Dan Rasa Ingin Tahu Siswa SMP”. Tesis. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. (Tidak dipublikasikan).

Puji.T.A. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kerangka Konstruksional Marzano Terhadap Kualitas Argumentasi Siswa pada Konsep Animalia di Kelas X SMA Negeri 2 Kuningan”. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan, Kuningan. (Tidak dipublikasikan).

Roshayati, F. 2012. Model Pembelajaran Sains Dengan Argumentasi Sebagai Alternatif Implementasi Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pembelajaran FPMIPA IKIP PGRI Semarang. (Online). Tersedia : http://prosiding.upgrismg.ac.id/index.php/semnas_ino/SEM_INO2012/paper/viewFile/226/175. Diakses 17 Februari 2016.

Sampson, V., Grooms, J., & Walker, J. P. 2009. Argument-Driven Inquiry a way to promote learning during laboratory activities: An exploratory study. Science Education, 95(2), 42-45.

Siswanto, Kaniawati, & I. Suhandi, A. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Pembangkit Argumen Menggunakan Metode Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Keterampilan Berargumentasi Siswa”.Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 10, (2) (2014) 104-116. (Online). Tersedia : http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/3347/3318. Diakses 17 Februari 2016.

Sukma, W.G. 2014. “Penerapan Model Argument-Driven Inquiry Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP”. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. (Tidak dipublikasikan).

Susanti, Rahmi. 2013. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Praktikum Fotosintesis dan Respirasiuntuk Meningkatkan Kemampuan Generik Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi. FKIP Unsri. Seminar Kenaikan Jabatan Lektol pada Fakultas FKIP Unsri 05 Mei 2013. (Online). Tersedia : http://eprints.unsri.ac.id/3247/1/Makalah_Seminar_Kenaikan_Jabatan.pdf. Diakses 26 Januari 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.