KESADARAN METAKOGNISI DAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENUGASAN INDIVIDU

Rahma Widiantie, Handayani Handayani

Abstract


Abstrak

Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahawa mahasiswa telah memiliki keterampilan memecahkan masalah baik namun masih terdapat kelemahan pada keterampilan menentukan solusi terbaik dan melakukan evaluasi, hal tersebut diasumsikan juga bahwa kesadaran metakognisi mahasiswa masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan keterampilan memecahkan masalah dan kesadarn metakognisi serta hubungannya  melalui pembelajaran berbasis masalah dengan penugasan individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan memecahkan masalah dengan indeks N-Gain 0,40 termasuk kategori sedang. Hasil uji t menunjukkan hipotesis diterima, artinya bahwa terdapat peningkatan keterampilan memecahkan masalah melalui pembelajaran berbasis masalah dengan penugasan individu. Hasil analisis kesadaran metakognisi adalah 84,6% dalam kategori baik, sedangkan hasil analisis penugasan individu adalah dalam kategiru baik. Hasil analisis varian  adalah 0,6 > 0,5 artinya terjadi korelasi positif secara signifikan antara kesadaran metakognisi dan penugasan individu terhadap keterampilan memecahkan masalah. Pembelajaran berbasis masalah dengan penugasan individu dapat menjadi solusi alternatif yang digunakan oleh dosen untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah mahasiswa

Kata kunci: Kesadaran metakognisi, Keterampilan memecahkan masalah, Pembelajaran berbasis masalah, Penugasan Individu

Full Text:

PDF

References


Arends, R.I. (2008). Learning to Teach, seventh edition.. New York : Mc Graw-Hill Companies.

Cooper, Sussan Sunny, 2004, Metacognition in the Adult Learner, http://www. Wsu.Metacognition and Its Instument.

Livingstone, J.A, 1997. Metacognition: An Overview (Online)

Sastrawati, Eka. dkk. 2011. Problem Based Learning, Strategi Metakognisi, dan

Ketermpilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Tekno-Pedagogi, 1 (2). [online]. Tersedia : http://onlinejournal.unja.ac.id/index.php/pedagogi/article/download/668/5 [12 Januari

Schraw G, Crippen KJ, Harthley K, 2006, Promoting Self Regulation in Science Education : Metacognition as part of a Broader Perspective on Learning . Research in science education

Tosun, C., & Senocak, E. 2013. The Effects of Problem-Based Learning onMetacognitive Awareness and Attitudes toward Chemistry of Prospective Teachers with Different Academic Backgrounds. Australian Journal of Teacher Education, 38 (3). [online]. Tersedia : http://ro.ecu.au/ajte/vol38/iss3/4. [22 Februari 2015]

Widiantie, R, 2015, Upaya Meningkatkan Keterampilan Memecahkan Masalah Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi IDEAL Pada Mata Kuliah Endokrinologi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.