PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Kuningan)

Iin Sunarti, Nita Ristiani

Abstract


Abstrak

Kemampuan berpikir kritis mencerminkan kemampuan untuk membuat suatu penilaian yang rasional atau beralasan. Biasanya menggunakan kriteria untuk menilai suatu kualitas sesuatu, produk ide atau gagasan. Jadi, intinya adalah tatakrama berpikir yang digunakan seseorang untuk mengukur atau menilai valididtas/kebenaran sesuatu seperti pernyataan , kisah, argument, penelitian dan lain-lain.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berfikir kritis antara kelas yang menggunakan Model pembelajaran PBL berbasis Mind Mapping dengan kelas yang menggunakan Metode Ceramah, dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kritis antara kelas yang menggunakan Model pembelajaran PBL berbasis Mind Mapping dengan kelas yang menggunakan Metode Ceramah.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan subyek penelitian siswa kelas VIII A dan kelas VIII B dengan jumlah 80 siswa. Dengan tehnik pengumpulan data melalui tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas ekserimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving berbasis Mind Mapping sebesar 75,75 sementara untuk kelas kontrol dengan metode pembelajaran ceramah 65,87. Dengan pengujian kesamaan dua rata-rata (uji t) dari hasil postest diperoleh thitung=5,1050> ttabel =1,9908 > ttabel pada taraf signifikan 0,05 dengan derajat kebebasan dk= 78, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil postest antara kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving berbasis Mind Mapping dengan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran ceramah.

 Selanjutnya hasil uji N-gain menunjukkan t hitung(3,2508) > t tabel (1,9908).    dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan (gain) kemampuan berpikir kritis kelas ekperimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving berbasis Mind Mapping dengan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran ceramah.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan diatas, model pembelajaran Problem Solving berbasis Mind Mapping lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dibandingkan dengan metode pembelajaran ceramah.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arifin Zaenal. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Arikunto Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi V. Jakarta :Rineka Cipta.

Buzan, Tony. (2012). Buku Pintar Mind Mapp. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hadari Nawawi. (2003). Metode Penelitian Bidang Sosial. Gajah Mada University Press.Yogyakarta.

Hyerle, N. David dkk. (2011). Peta Pemikiran Jakarta: PT. Indeks.

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Pers.

Oemar Hamalik. (1994). Kurikulum dan Pembelajaran. BumiAksara : Bandung.

Purwanto, Ngalim. (1990). Psikologi Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sanjaya Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Somantri Ating dan Sambas Ali Muhidin. (2006). Aplikasi Statistika Dalam

Penelitian. Bandung: PustakaSetia.

Sudrajat Akhmad. (2011). Kurikulum & Pembelajaran dalam Paradigma Baru.

Yogyakarta: Paramita Production.

Sugianto. (2010). Model-model Pembelajaran Inovatif, Surakarta: UNS Pers.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R & D,

Alfabeta, Bandung.

Sudjana.(2012), Statistika II, Edisi Baru, Penerbit Tarsito.

Suryabrata Sumadi. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Trianto,(2007).Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik,

Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yudhawati, Ratna dan Haryanto Dany. (2011). Teori-Teori Dasar Psikologi

Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya

Undang-undang UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional..




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v15i01.1037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :                   
 
 
E-ISSN 2614-5839 ||  P-ISSN 02165287