PENGARUH GAYA BELAJAR DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 KUNINGAN
Abstract
Abstrak
Hasil belajar merupakan salah satu parameter keberhasilan belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah pada periode tertentu. Tinggi rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor yang berasal dari dalam (intern) dan dari luar (ekstern). Keberhasilan siswa dalam belajar dapat dilihat dari hasil belajar siswa tersebut, yaitu nilai belajar yang diperoleh siswa setelah mengikuti evaluasi.
Tercapainya tujuan pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh oleh siswa. Banyak siswa yang mengalami masalah dalam belajar akibatnya hasil belajar yang dicapai belum maksimal. Hasil belajar yang memuasakan merupakan tujuan dan harapan bagi siswa, orang tua murid maupun guru sebagai tenaga pendidik.
Hasil belajar siswa akan tercapai apabila didukung oleh beberapa faktor, faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa diantaranya gaya belajar yang efektif dan menyenangkan serta iklim sekolah yang kondusif sehingga siswa dapat meningkatkan hasil belajar.
References
DAFTAR PUSTAKA
A.M. Sardiman.2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali Press.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 2002. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Jakarta: Kaifa
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dunn, R dan Grigss, S.A. 2000. Practical Approaches to Using Learning Style in Higher Educatio. USA: Greenwood Publishing.
Fred C. Lunenburg, Alan C, Ornestein. 2004. Educational Administration, Concepts and Practices. Singapore: Thomson Wadsworth.
Ghufron, M. Nur dan Rini Risnawita S. 2010. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.
Hamalik, Oemar.2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksra
Hanggara dan Darsih. 2018. Dasar statistika manual & SPSS. Bandung: Mujahid Press
Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito
Riding, R. Dan Rayner, S. 2002. Cognitive Styles and Learning Strategies. London:David Fulton Publishers.
Rusyan Tabrani. 1996. Proses Pembelajaran yang Efektif. Bandung. Bima Budhaya.
Sudjana. 2009. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta
. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Jakarta: Alfabeta
. 2012,Metode Penelitian Bisnis,Bandung:Alvabeta, CV
Suharsaputra, Uhar, 2010.Administrasi pendidikan,Bandung:Refika Aditama
.2011.Menjadi Guru Berkarakter, Yogyakarta:Paramitra Publishing
.2013.Administrasi Pendidikan, Bandung:Refika Aditama
Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang lebih Komprehensiif. Jakarta: Change Publication.
Syah Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT.Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Sumber Lain :
Aisyah A. Rahman, Yanti Susi. 2016. Pengaruh Gaya Belajar
Andriansyah. 2010. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Budiarti Indah, Jabar Abdul. (2016)” Pengaruh gaya belajar terhadap hsil belajar matematika siswa kelas” Jurnal Pendidikan Matematika Vol.2, No.3 STKIP PGRI Banjarmasin
Fitri. (2012). “Pengaruh Iklim Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Kuningan”. Skripsi. Universitas Kuningan
Gunbayi, Ilhan. 2007. School Climate and Teacher’ Perceptions on Climate Factors: Research Into Nine Urban High Schools. The Turkish Journal of Educational Technology (TOJET). [Online]. Diakses dari http//www.eric.ed.gov.
Hartati Leny. (2012)”Pengaruh gaya belajar dan sikap siswa pada pelajaran matematika terhadap hasil belajar” Jurnal Formatif Vol.3, N0.3
Pebriana Dikdik. (2012)”pengaruh iklim kelas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa”.skripsi.Universitas Kuningan
Permatasari Dwi Martina. (2015)” Pengaruh cara belajar dan iklim sekolah terhadap hasil belajar”.Skripsi.Universitas Negeri Semarang”.Skripsi.
Sudrajat Akhmad. 2006. Sumber Belajar Larning Resources. http://akhmad sudrajat.wordpress.com
Utami Sinta Prihma, Gafur Abdul. (2015)”Pengaruh metode pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar” Jurnal Pendidikan Ips Vol.2, No.1 Universitas Negeri Yogyakarta
EQUILIBRIUM: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi is licensed under a Creative Commons CC-BY-SA. This is the very permissive of the Creative Commons licences and allows for maximum dissemination and use of the licenced work with appropriate credit. The licence permits others to use, reproduce, disseminate or display the article in any way, including for commercial purposes, so long as they credit the author for the original creation. In case of remix, transform, or build upon the material, distribution of your contributions under the same license as the original.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
- for any purpose, even commercially.
You can find details of the licence below.Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)