PENGARUH GAYA BELAJAR DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 KUNINGAN

Iin Sunarti, Novi Novitasari

Abstract


Abstrak

 

Hasil belajar merupakan salah satu parameter keberhasilan belajar  siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah pada periode tertentu. Tinggi rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor yang berasal dari dalam (intern) dan dari luar (ekstern). Keberhasilan siswa dalam belajar dapat dilihat dari hasil belajar siswa tersebut, yaitu nilai belajar yang diperoleh siswa setelah mengikuti evaluasi.

Tercapainya tujuan pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh oleh siswa. Banyak siswa yang mengalami masalah dalam belajar akibatnya hasil belajar yang dicapai belum maksimal. Hasil belajar yang memuasakan merupakan tujuan dan harapan bagi siswa, orang tua murid maupun guru sebagai tenaga pendidik.

  Hasil belajar siswa akan tercapai apabila didukung oleh beberapa faktor, faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa diantaranya gaya belajar yang efektif dan menyenangkan serta iklim sekolah yang kondusif sehingga siswa dapat meningkatkan hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A.M. Sardiman.2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali Press.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 2002. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Jakarta: Kaifa

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dunn, R dan Grigss, S.A. 2000. Practical Approaches to Using Learning Style in Higher Educatio. USA: Greenwood Publishing.

Fred C. Lunenburg, Alan C, Ornestein. 2004. Educational Administration, Concepts and Practices. Singapore: Thomson Wadsworth.

Ghufron, M. Nur dan Rini Risnawita S. 2010. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Hamalik, Oemar.2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksra

Hanggara dan Darsih. 2018. Dasar statistika manual & SPSS. Bandung: Mujahid Press

Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito

Riding, R. Dan Rayner, S. 2002. Cognitive Styles and Learning Strategies. London:David Fulton Publishers.

Rusyan Tabrani. 1996. Proses Pembelajaran yang Efektif. Bandung. Bima Budhaya.

Sudjana. 2009. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Jakarta: Alfabeta

. 2012,Metode Penelitian Bisnis,Bandung:Alvabeta, CV

Suharsaputra, Uhar, 2010.Administrasi pendidikan,Bandung:Refika Aditama

.2011.Menjadi Guru Berkarakter, Yogyakarta:Paramitra Publishing

.2013.Administrasi Pendidikan, Bandung:Refika Aditama

Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang lebih Komprehensiif. Jakarta: Change Publication.

Syah Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT.Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Sumber Lain :

Aisyah A. Rahman, Yanti Susi. 2016. Pengaruh Gaya Belajar

Andriansyah. 2010. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Budiarti Indah, Jabar Abdul. (2016)” Pengaruh gaya belajar terhadap hsil belajar matematika siswa kelas” Jurnal Pendidikan Matematika Vol.2, No.3 STKIP PGRI Banjarmasin

Fitri. (2012). “Pengaruh Iklim Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Kuningan”. Skripsi. Universitas Kuningan

Gunbayi, Ilhan. 2007. School Climate and Teacher’ Perceptions on Climate Factors: Research Into Nine Urban High Schools. The Turkish Journal of Educational Technology (TOJET). [Online]. Diakses dari http//www.eric.ed.gov.

Hartati Leny. (2012)”Pengaruh gaya belajar dan sikap siswa pada pelajaran matematika terhadap hasil belajar” Jurnal Formatif Vol.3, N0.3

Pebriana Dikdik. (2012)”pengaruh iklim kelas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa”.skripsi.Universitas Kuningan

Permatasari Dwi Martina. (2015)” Pengaruh cara belajar dan iklim sekolah terhadap hasil belajar”.Skripsi.Universitas Negeri Semarang”.Skripsi.

Sudrajat Akhmad. 2006. Sumber Belajar Larning Resources. http://akhmad sudrajat.wordpress.com

Utami Sinta Prihma, Gafur Abdul. (2015)”Pengaruh metode pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar” Jurnal Pendidikan Ips Vol.2, No.1 Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v18i1.3616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :                   
 
 
E-ISSN 2614-5839 ||  P-ISSN 02165287