PENGARUH KECERDASAN EMOSI, EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIKU (Survei pada Mahasiswa Semester Ganjil 2017-2018 Pendidikan Ekonomi Universitas Kuningan)

Iin Sunarti

Abstract


Abstract: Prestasi belajar yang baik merupakan hal yang paling didambakan oleh setiap peserta didik tidak terkecuali mahasiswa yang sedang belajar, prestasi belajar dapat dijadikan indikator keberhasilan seseorang dalam kegiatan belajar. banyak faktor yang bisa mempngaruhi prestasi belajar diantaranya kecerdasan emosi, efikasi diri dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kecerdasan emosi,efikasi diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar baik secara simultan, maupun secara parsial. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan jenis penelitian survey, dan teknik analisis dengan Regresi Ganda dan korelasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuessioner, dengan populasi seluruh mahasisa pendidikan ekonomi Semester Ganjil 2017-2018 berjumlah 153 orang. sampel sejumlah 53 orang, penentuan jumlah sampel penulis menggunakan rumus Slovin, dengan teknik pengambilan sampel secara propsional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kecerdasan emosi, efikasi diri, motivasi belajar dan prestasi belajar termasuk katagori tinggi, sedangkan pengaruh kecerdasan emosi, efikasi diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar secara simultan cukup signifikan, selain itu secara parsial pengaruhnya juga cukup signifikan. Berdasarkan hasil penelitian penulis memberikan saran : Mahasiswa harus dapat memaksimalkan kecerdasan emosinya, mereka harus bisa mengelola emosinya.. Mahasiswa harus percaya diri atas kemampuan yang dimiliknya, sehingga mereka tidak mudah menyerah ketika mendapat tugas yang sulit untuk dikerjakan. Oleh karena itu mahasiswa harus yakin akan kemampuan yang dimilikinya dan percaya diri bahwa mereka mampu mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen. Dalam membuat tugas harus didasari oleh rasa tanggung jawab bukan hanya ingin dihargai oleh temannya.

Kata kunci: kecerdasan emosi,efikasi diri, motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agus Efendi. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Agustian, Ary Ginanjar. (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ. Jakarta : Penerbit Arga.

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. (1990). Psikologi Belajar Dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Anwar, A. I. D. (2009). Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Bandura, A (1997). Self Efficacy The Exercise of Control (Fifth Printing, 2002). New York: W.H. Freeman & Company.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Feist, Jess dan Gregory J. Feist. (2011). Teori Kepribadian. Jakarta: Selemba Humanika.

Friedman, Howard S dan Schustack, Mirriam W. (2006). Kepribadian Teori Klasik dan Riset Modern Edisi Ketiga. Jakarta : Erlangga.

Goleman, Daniel. (2002). Working With Emotional Intelligence. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama.

- - - - - - .(2005). Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

- - - - - - .(2009). Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

http://www.sarjanaku.com/2011/02/prestasi-belajar.html. Diakses tanggal 12 Oktober 2018.

Jumari, dkk. (2013). Pengaruh Budaya Organisasi, Efikasi Diri, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru SMK Negeri Kecamatan Denpasar Selatan. e-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan, Volume 4 No.1 Tahun 2013. ISSN : 2460-1497.

Lane, J., Lane, A., & Cockerton, T. (2003). Prediction of Postgraduate Performance from Self-Efficacy, Class of Degree and Cognitive Ability Test Scores. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 2(1), 113-118.

Mubayidh, Makmun. (2006). Kecerdasan dan Kesehatan Emosional Anak (Muhamad Muchson Anasy. S.HI. Terjemahan). Jakarta: PT. Al Kautsar. Buku asli diterbitkan tanpa tahun.

Nazir, Moh. (1999). Metode Penelitian Cetakan Ketiga. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Pajares, F dan Miller, M.D (1994). The Role of Self-Efficacy and Self-Concept Beliefs in Mathematical Problem-Solving:A Path Analysis. Journal of Educational Psychology,86.

Riduwan dan Kuncoro. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sardiman. (2003). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajagrafindo Persada.

----------.(2011).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Steers, R. M., Porter, L. W., & Bigley, G. A. (2003). Motivation and Leadership At Work. Edisi Ke-6. New York : McGraw Hill.

Sugiyono. (2002). Metode Penelitian Administrasi. Bandung : CV Alfabeta.

-----------.(2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarto, dkk,. (1996). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Rineka Cipta.

Uno, Hamzah B. (2010). Profesi Kependidikan (Problema, solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia). Jakarta: Bumi Aksara.

----------- .(2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel. W.S. (2005). Psikologi Pengajaran. Jakarta : PT. Grasindo.

Zulkaida, A. dkk. (2007). Pengaruh locus of control dan efikasi diri terhadap kematangan karir siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek, & Sipil). Vol.2. 21-22 Agustus 2007.




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v15i02.1616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.